Gerakan Mencegah Cedera Pergelangan Kaki (2)

Yuriantin | 1 Januari 2019 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika berjalan dan berlari, otot pergelangan kaki mengalami tekanan. Otot yang kuat akan menghindarkan dari cedera. Namun gaya hidup yang kurang aktif bergerak rentan membuat otot pergelangan kaki menjadi kaku. Untuk menjaga otot kaki tetap kuat, beberapa latihan berikut patut dicoba.  

Air Jack 


Air jack termasuk gerakan kardio ringan yang melatih otot jantung dan otot kaki. Caranya, bediri tegak dengan kedua kaki rapat. Kedua lengan berada di sisi tubuh. Lakukan squat, setelahnya dorong tubuh melompat setinggi mungkin. Ketika berada di udara, buka kaki selebar mungkin dan rentangkan tangan di atas kepala hingga seluas mungkin. Setelahnya, mendarat dengan kaki rapat dan kembali pada posisi squat. Ulangi gerakan ini sampai 30 kali. 

Walking Lunges

 
Selain melatih otot pergelangan kaki, gerakan ini juga memperkuat otot perut. Awali dengan kedua kaki terbuka selebar pinggul. Langkahkan kaki kanan ke depan dan dorong tubuh ke bawah. Pastikan lutut kanan dan lutut kiri membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, angkat lutut kiri dan ayunkan ke depan hingga kembali membentuk sudut 90 derajat. Ulangi gerakan ini selama 1 menit. 

bersambung

(yuri / gur)
 

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait