10 Prilaku Orang Tua yang Membuat Anak Remajanya Merasa Malu

Alam Mary | 27 April 2024 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ternyata anak remaja yang merasa malu terhadap orang tuanya sesuatu yang normal terjadi. Tidak lain karena kehidupan menjadi anak remaja yang memang rumit dengan segala gejolak hormonalnya. Kendati demikian, upaya meluruskan perilaku semacam ini tetap harus diupayakan setiap orang tua terhadap anaknya, walau harus dengan segenap kreativitas, kegigihan, sambil dibarengi sikap kesadaran diri.

Ya, bersamaan dengan upaya meluruskan perilaku anak, orang tua juga harus lebih dulu mengetahui hal-hal "memalukan" apa saja yang sering tanpa sadar mereka lakukan. Dengan cara ini, orang tua jadi bisa lebih memahami pikiran anak remajanya dan bersama-sama memperbaiki diri.

Melansir Family Life, terdapat 10 hal yang membuat seorang remaja merasa malu akan orang tuanya. Urutan dimulai dari yang paling sering terjadi dan paling membuat malu.

1. Meneriaki di depan umum

Terlebih saat Anda benar-benar dalam keadaan marah kepada mereka. Tidak hanya membuat malu, perbuatan ini seketika akan melukai hati dan pikiran mereka. Hal ini juga akan membekas lama, mudah depresi dan menjadi orang dewasa yang disfungsional. Termasuk dalam poin ini adalah meneriaki untuk memotivasi, menyuruh jangan menyerah, atau agar berani melakukan sesuatu yang mereka tidak mau. 

2. Kurang modis dalam berpakaian

Orang tua yang tidak update soal penampilan, terlebih jika dilihat teman-teman sekolahnya, akan membuat anak remaja merasa malu. Benar bahwa seseorang tidak dapat dinilai berdasarkan penampilan. Namun bagi remaja, hal semacam ini penting dan mereka belum sepenuhnya memahami filosofi bijak semacam itu. 

3. Berusaha banget terlihat "keren"

Berusaha terlihat keren berarti aslinya tidak keren atau bahkan jauh dari keren. Jika memang tidak keren, tidak ada keharusan bagi orang tua berusaha keren karena itu malah akan memalukan di mata anak remaja. Sudahlah, diam saja lebih baik ketimbang membuat situasi canggung. 

4. Terlalu berisik hingga menarik perhatian banyak orang saat sedang bersama

Ada saatnya orang tua mendampingi anak remajanya. Misal, saat pembagian rapot atau momen wisuda. Orang tua yang tingkah lakunya berlebihan akan membuat anak remaja malu. Misalnya, melontarkan pujian kepada anak keras-keras seolah ingin seisi ruangan mendengarnya atau bersuara kencang dibarengi gesture berlebihan saat melancarkan protes ke guru wali kelas, suka membesar-besarkan masalah dan lain-lain. Bertingkahlah sepatutnya dan sejawarnya, kalem, dan anggun. 

5. Terlalu menunjukkan kasih sayang di depan umum

Sering kita mendengar jika anak sudah tumbuh remaja, maka mereka akan menolak dipeluk atau dicium orang tuanya. Tentu saja mereka akan malu jika orang tua melakukannya hingga terlihat oleh teman-temannya. Misal, saat orang tua mengantar mereka ke sekolah.

6. Memperlakukan mereka seperti anak kecil di hadapan teman-temannya

Maksud orang tua mungkin baik, agar anak kesayangannya selalu dalam keadaan baik-baik saja. Tapi terang-terangan menitipkan anak remajanya kepada guru saat akan melakukan perjalanan studi banding ke luar kota di hadapan teman-temannya, itu akan membuat mereka malu.

7. Terus-terusan menggoda hubungan mereka dengan teman perempuan atau teman laki-lakinya

Orang tua mungkin sedikit merasa antusias saat anak remajanya terlihat memiliki crush atau lawan jenis yang menarik perhatian mereka secara romantis. Namun jika antusiasme orang tua diwujudkan dengan cara menggoda terus-menerus, anak remaja lama-lama akan malu dan kesal. 

8. Mengatakan sesuatu yang bodoh di hadapan teman-temannya

Intinya, jangan terlalu kebanyakan bicara yang tidak perlu. Terutama saat orang tua ada bersama anak remajanya di tempat umum atau di depan teman-temannya. Karena semakin banyak omong, semakin tinggi kemungkinan orang tua tanpa sengaja mengungkapkan hal yang bodoh. Sesuatu yang tidak sepatutnya orang lain ketahui.

9. Menggunakan narkoba atau suka mabuk-mabukan

Walau anak remaja sendiri mungkin suka nakal dan berbuat onar dengan narkoba dan alkohol, sejatinya mereka akan merasa malu jika orang tuanya sendiri melakukan hal tersebut. 

10. Tidak merawat tubuh

Menjadi orang yang bersih, rapi, dan terlihat sehat, akan membuat anak remaja merasa bangga dengan orang tuanya. Jadi ini bukan tentang penampilan yang mahal atau mewah, melainkan cukup soal merawat tubuh agar sedap dilihat dan membuat orang lain nyaman. Rapikan rambut, bersihkan gigi, kenakan pakaian yang wangi, dan lain-lain, tentu bisa diupayakan bukan?

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait