Ingin Ngemil? Ganti Camilan dengan Makanan Sehat Ini

Agestia Jatilarasati | 29 Januari 2019 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Food craving adalah keinginan untuk makan makanan tertentu. Meski seseorang sudah kenyang sekalipun food craving akan membuat seseorang ingin makan makanan yang ia inginkan. Biasanya seseorang akan merasa craving pada makanan-makanan tinggi gula, garam dan lemak atau junk food.

Keinginan makan makanan tertentu memang sulit untuk dilawan, namun bukan berarti tidak ada cara agar perasaan craving terpuaskan. Bagaimana caranya? Makan makanan yang lebih sehat.

Seperti dilansir Medical News Today, biasanya orang merasa craving pada makanan seperti kripik kentang, cokelat, permen, kue, soda dan keju. Berikut adalah daftar makanan pengganti camilan yang lebih sehat agar Anda tak melulu merasa bersalah karena menuruti craving.

Keripik Kentang
Untuk menghindari camilan kentang, ganti kripik kentang dengan camilan gurih dan asin yang kaya akan lemak baik dan protein seperti kacang mede dan kacang walnut. Selain kacang-kacangnya, popcorn juga bisa digunakan untuk mengganti keripik kentang.

Cokelat
Orang yang ingin makan cokelat biasanya adalah sinyal bahwa orang tersebut butuh magnesium. Oleh karenanya, ganti cokelat dengan makanan tinggi magnesium seperti almond. Namun jika Anda masih ingin makan cokelat maka pilihlah dark chocolate dengan kandungan 70 persen buah cokelat dan tanpa susu. Dark chocolate membuat seseorang merasa lebih kenyang lebih cepat dibanding cokelat biasa.

Permen dan Kue
Ingin makan permen adalah pertanda Anda ingin menambah asupan gula. Namun daripada memakan permen atau kue, makanlah buah-buahan yang manis seperti buah peach, ceri, atau melon. Ingin lebih praktis lagi? maka makanlah buah-buahan kering untuk menangkal craving.

Soda
Seperti diketahui bahwa soda sangat tinggi gula. Oleh karenanya lebih baik meminum sparkling water atau jus buah untuk memuaskan craving terhadap soda. Buah jeruk juga bisa mengurangi perasaan ingin meminum soda.

Keju
Makanan yang bertabur keju memang menggoda sekali. Namun terlalu sering makan keju tak baik untuk kesehatan. Ooleh karenanya, ketimbangkan menaburkan parutan keju di atas makananmu, lebih baik menggunakan nutritional yeast alias kaldu jamur yang kaya akan vitamin B Kompleks, asam Folic dan vitamin B12.

(ges)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait