Si Kecil Tidurnya Selalu Mendengkur? Waspada Terjadi Masalah Kesehatan

Wayan Diananto | 23 Maret 2019 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Melihat wajah si kecil ketika terlelap, katanya seperti melihat surga. Momen itu berubah menjadi musibah saat ia mendengkur.

Ketika anak mendengkur, ia mengalami sindrom henti napas obstruktif atau obstructive sleep apnea syndrome (OSAS). 

Sindrom ini disebabkan banyak faktor. Misalnya, pembengkakan adenoid atau kelenjar sejenis amandel, tonsil alias amandel, dan lidah. Pembengkakan lidah biasanya terjadi pada anak yang mengalami sindrom Down. Faktor pemicu lainnya, lemak yang menumpuk di sekitar leher. Ini biasanya terjadi pada anak obesitas. 

 Spesialis anak dari Poliklinik Advance RSIA Bunda Jakarta, dr. Abdullah Reza, SpA menambahkan, mendengkur bisa juga disebabkan bentuk rahang kecil dan leher pendek. Ibu harus waspada jika buah hati mendengkur. Mendengkur, kata Abdullah, ada dua jenis, yakni mendengkur occasional (periodik) dan mendengkur habitual (terus-menerus). 

“Dikatakan periodik jika mendengkur terjadi karena kelelahan atau flu. Itu enggak usah dipikirkan. Jika mendengkur terus-menerus, ibu patut curiga anak mengidap OSAS. Jenis yang terus-menerus ditandai dengan mendengkur sebanyak 3 episode atau lebih dalam seminggu. Misalnya, Senin si kecil mendengkur, Selasa mendengkur, lalu Rabu dan Kamis mendengkur lagi. Artinya, ia berisiko besar terkena OSAS,” beri tahu Abdullah di Jakarta Pusat, pekan lalu.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait