Angka Prevalensi Diabetes Terus Meningkat, Cek Kadar Gula Rutin Yuk!

Panditio Rayendra | 5 November 2019 | 15:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tanggal 14 November nanti, kita memperingati Hari Diabetes Sedunia. Diabetes penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi atau di atas normal. Penyakit diabetes dipicu pola hidup tak sehat, salah satunya konsumsi gula dan lemak berlebih.

Pasien diabetes seringkali tidak sadar telah mengidap penyakit kronis ini dalam waktu lama, hingga muncul komplikasi serius. Yang mengerikan, diabetes kini tak hanya menyerang orang dewasa. Anak-anak dan remaja pun bisa jadi sasaran penyakit mematikan ini.


Hasil Riset Kesehatan Dasar yang dirilis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memperlihatkan peningkatan prevalensi diabetes di tingkat nasional dari 1,5 persen pada 2013, menjadi 2 persen pada 2018. Angka kejadian diabetes di DKI Jakarta meningkat dari 2,5 menjadi 3,4 persen. Presentase diabetes di DKI Jakarta paling tinggi jika dibandingkan provinsi lain. Data Sample Registration Survey Indonesia 2014 menyebut diabetes penyebab kematian terbesar ketiga di Indonesia dengan persentase 6,7 persen.


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid, mengingatkan selain kematian, diabetes memicu penyakit kardiovaskuler, ginjal, amputasi, kebutaan dan disabilitas. Diabetes mengurangi usia harapan hidup penderita 5 hingga 10 tahun. “Untuk mencegah diabetes sejak dini, masyarakat dianjurkan olahraga teratur, konsumsi makanan sehat dan seimbang, hindari merokok, istirahat yang cukup, serta kontrol kadar lemak dan tekanan darah,” ujar Dwi di Jakarta.


Karenanya Kementerian Kesehatan RI, Nutrifood, dan Alfa Corporation merilis kampanye “Deteksi Dini dan Batasi Gula Garam Lemak untuk Cegah Diabetes” di 25 Alfamart dan Alfamidi DKI Jakarta. “Kampanye ini menargetkan memberi pemeriksaan kadar gula darah gratis kepada 5.000 pelanggan. Kampanye yang digelar mulai 5 hingga 15 November 2019 ini mengedukasi pentingnya rutin deteksi dini dan membatasi konsumsi gula-garam-lemak agar terhindar dari ancaman diabetes,” urai Head of Division Corporate Communication Nutrifood, Angelique Dewi, baru-baru ini.

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait