4 Kebiasaan Buruk saat Tidur yang Perlu Dihilangkan

aura.co.id | 15 November 2020 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebetulnya, untuk mendapatkan berat badan ideal, seseorang bahkan tidak perlu repot berlatih di gym.

Cukup dengan menghilangkan kebiasaan tidur yang buruk, niscaya, badan pun lebih bugar, bentuk tubuh pun ideal. Mulai hari ini, berhenti memercayai bahwa begadang dapat membuat kurus!

Jadi, apa saja kebiasaan tidur buruk yang perlu dihilangkan? Berikut ini perincian dari Leta Shy, Popsugar Fitness.

1. Anda tidak menjadikan tidur sebagai prioritas
>> Penelitian membuktikan, orang-orang yang begadang membutuhkan asupan kalori hingga ratusan atau lebih. Bukan hanya karena terjaga lebih lama, tapi tidur secara nyata mengendalikan hormon lapar. Bagi yang pengalaman bergadang, tentu sering merasa perut kosong, bukan? Jadi, semakin sedikit waktu tidur seseorang, semakin banyak dia akan mengisi perutnya.  

2. Anda tidak pernah memiliki tidur berkualitas
>> Tidur tepat waktu akan percuma jika pada malam harinya sering terbangun. Rasa stres dan pusing dapat menyebabkan munculnya timbunan lemak di perut. Atasi masalah ini dengan cara memastikan segala sesuatunya beres sebelum Anda pergi tidur. Apakah televisi sudah dimatikan, apakah tidak ada peralatan listrik yang masih menyala di ruangan lain di rumah, dan sebagainya. Hindari juga mengonsumsi minuman mengandung kafein atau alkohol sebelum tidur. Kecuali jika Anda adalah ibu dengan anak yang masih bayi, yang memang agak sulit mendapatkan tidur berkualitas.   

3. Anda tidak bisa pergi tidur tanpa terlebih dulu mengonsumsi camilan
>> Satu sendok es krim sebelum tidur mungkin membantu Anda tidur lebih nyenyak. Namun sesedikit apa pun, pada akhir pekan total kalori yang masuk ke tubuh Anda tetap ratusan, atau bahkan lebih. Di sisi lain, tidak tepat juga jika Anda membiarkan tubuh kelaparan saat pergi tidur. Ini justru akan membuat Anda terjaga tengah malam, lalu mencari-cari makanan berat di dapur. Makan malamlah seperti biasa, dengan jumlah yang cukup dan pada waktu yang tepat.

4. Anda menyetel tombol snooze pada alarm
>> Anda ingin bangun pagi hari, maka memasang alarm di ponsel. Namun, Anda tidak lupa menyetel tombol snooze (tidur sebentar), yang membuat Anda tidak langsung bangun, melainkan tidur sebentar, dan sebentar lagi. Akhirnya Anda tetap bangun terlalu siang dan secara tidak sengaja menyia-nyiakan cukup banyak waktu yang mungkin bisa diisi dengan melakukan aktivitas fisik yang lebih berguna dan lebih sehat. Misal, membereskan rumah atau menyiapkan sarapan. Kalau Anda termasuk orang yang sulit bangun pagi, menghilangkan kebiasaan mengecek media sosial atau bermain game menjelang tidur bisa sedikit membantu.

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait