Asri Welas Jadikan ASI sebagai Perisai Melindungi Tubuh Anak-anaknya

Wayan Diananto | 12 Desember 2018 | 19:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Asri Pramawati (39) alias Asri Welas kini hamil anak ketiga. Bukannya naik, berat badan bintang sinetron Suami-suami Takut Istri ini turun 5 kg menjadi 55 kg.

“Sudah biasa. Sewaktu hamil anak pertama dan kedua juga begitu. Pada trimester pertama, bobot turun karena morning sickness dan lain-lain. Istilahnya, tubuh saya butuh penyesuaian karena ada janin di dalam kandungan. Dokter bilang, pertumbuhan janin menggembirakan,” ujar Asri di Jakarta, pekan lalu.

Dari pernikahannya dengan Galiech Ridha Rahardja, Asri Welas dikaruniai dua putra, Rajwa Gilbram Ridha Rahardja dan Rayyan Gibran Ridha Rahardja. Yang disyukuri Asri selama menyusui mereka, produksi ASI-nya lancar.

Rahasianya, mengasup makanan bergizi seimbang. Porsi sayur, daging, ikan, dan buah mesti diperhatikan. Mengingat selama hamil dan menyusui, apa pun yang diasup ibu gunanya untuk memenuhi kebutuhan gizi diri sendiri dan si kecil.

“Gilbram sekarang berusia 10 tahun. Dia menyusui sejak lahir sampai usia 5 tahun. Setelah SD dia berhenti menyusu karena malu dengan teman sekolahnya. Anak kedua juga saya berikan ASI eksklusif selama 6 bulan,” sambung aktris kelahiran 7 Maret ini.

Berkaca kepada pengalaman dua kali menyusui, Asri Welas mengumpamakan ASI perisai yang melindungi tubuh anak-anak dari berbagai penyakit.

“Alhamdulillah, si kakak belum pernah masuk ke rumah sakit. Gibran sekalinya masuk ke rumah sakit gara-gara operasi katarak. Habis operasi, daya tahan tubuh menurun lalu kena diare tapi tidak sampai ke rumah sakit lagi,” ia memaparkan. 

Manfaat lain menyusui, menguatkan ikatan batin ibu dan anak. Saat menyusui, Asri berkomunikasi dengan si kecil melalui tatapan mata, senyuman, dan kata-kata sederhana yang diucapkannya.

“Menyusui momen menyenangkan. Sebelum menyusui, saya menyiapkan suasana hati agar tenang. Hati yang tenang mengirimkan suasana relaks kepada si kecil. Saat itu bisa dibilang hati saya dan hati anak bertemu, ikatan emosi pun menguat,” beri tahu Asri.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait