52,9 Persen Ibu Alami Tekanan Mental Saat Menyusui, Mengapa?

Adi Adrian | 10 Agustus 2020 | 11:52 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hamil dan menyusui salah satu fase yang paling dinantikan para ibu. Mengingat, ASI makanan terbaik untuk bayi yang diberikan secara eksklusif sampai usia 6 bulan. Menyusui adalah proses alami. Namun ada banyak tantangan selama menyusui. Sebuah survei bertajuk “Kebiasaan Menyusui Ibu Milenial” yang digelar aplikasi Teman Bumil pada 24 Juli hingga 4 Agustus 2020 dan melibatkan 2.211 responden mengungkap sejumlah fakta menarik. Sebanyak 52,9 persen responden mengaku mengalami tekanan mental saat menyusui.

Tekanan mental yang dimaksud antara lain, khawatir ASI kurang, tekanan dari orang sekitar, dan tak percaya diri bisa memberi ASI. Ini masih ditambah setumpuk masalah lain selama menyusui yakni puting lecet (65 persen) dan produksi ASI susut (47,4 persen). Masalah ini membuat hampir semua ibu milenial dalam survei (98,7 persen) butuh dukungan dari orang terdekat, yakni suami, keluarga, dan lingkungan kerja. Belum lagi wabah Corona Covid-19 yang tak kunjung reda. Tanpa dukungan, mustahil para ibu bisa sukses menyusui buah hati.

Hal ini terungkap dalam gelar wicara virtual “Teman Bumil Tampil dengan Wajah Baru, Dukung Ibu Milenial Sukses MengASIhi” via Zoom, Senin (10/8/2020). Hadir sebagai narasumber yakni pakar laktasi, dr. Ameetha Drupadi, Co-founder Teman Bumil, Robyn Soetikno, dan Sandra Dewi. Ameetha menyarankan, “Ibu baiknya mulai mencari informasi dan pengetahuan seputar ASI sejak usia kehamilan 28 minggu. Informasi bisa diakses melalui konsultasi ke klinik laktasi, dokter laktasi, atau aplikasi seperti Teman Bumil.”

Product Manager Teman Bumil, Stephanie Rengkung, mengingatkan, ASI salah satu hadiah paling bermakna yang bisa ibu berikan untuk buah hati. Karenanya, Teman Bumil yang hadir dengan logo dan tagline baru berharap bisa mengawal para ibu melewati fase menyusui. Sejumlah fitur baru disiapkan Teman Bumil, misalnya video edukatif di fitur Media. “Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter anak, bidan, ahli laktasi, psikolog, dan profesional lain. Ada pula kelas daring seperti #SeninSharing dengan psikolog dan #TanyaDokter pada Selasa dan Jumat,” pungkasnya.

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait