Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Stunting dan Perkembangan Otak Si Kecil

Wayan Diananto | 26 Januari 2019 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Stunting kembali menjadi perbincangan awal tahun ini. Stunting merupakan perawakan pendek yang disebabkan kekurangan gizi dalam jangka panjang alias kronis. Persoalan stunting di Indonesia sebenarnya telah terjadi sejak 40 sampai 50 tahun lalu. Hal itu terungkap dalam diskusi kesehatan MilkVersation: Hari Gizi Nasional bertajuk "Investasi Protein, Stunting, dan Upaya Selamatkan Generasi Mendatang" bersama Frisian Flag Indonesia di Jakarta, pekan ini.

Hadir sebagai salah satu narasumber, Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K). Damayanti menjelaskan, stunting selalu dimulai dari penurunan berat badan akibat asupan nutrisi yang kurang. Anda dapat mengatasinya dengan memperhatikan asupan gizi si kecil setelah memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan.

"Perhatikan makanan pendamping ASI alias MPASI. Komposisi MPASI idealnya menyerupai komposisi ASI, yakni karbohidrat, lemak, dan protein. Sejak awal MPASI hingga usia 2 tahun, ketiga makronutrisi ini harus tercukupi untuk mendukung pertumbuhan otaknya. Jangan takut memberikan lemak kepada si kecil karena penting bagi otaknya. Utamakan hewani, karena dalam ASI, komposisi protein hewaninya lebih banyak," urai Damayanti kepada tabloidbintang.com.

Damayanti menambahkan, "Susu dan telur sumber protein hewani yang paling baik. Diikuti dengan produk susu, unggas, ikan, hati, dan daging. Sumber hewani tidak harus mahal. Si kecil bisa diberi telur, hati ayam, dan berbagai jenis ikan lokal yang harganya relatif terjangkau. Sementara dalam protein nabati, asam aminonya kurang lengkap. Protein hewani boleh digabung dengan nabati, asal selengkap asam amino esensial pada ASI. Anda bisa mendiskusikannya dengan dokter."

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait