Warren Buffet Tegaskan Tak Ada Kata Terlalu Dini Mengajarkan Anak Soal Uang

Rizki Adis Abeba | 1 Agustus 2019 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kebanyakan orang tua menyadari pentingnya mengelola keuangan, membiasakan diri untuk menabung, dan berinvestasi secara tepat. Namun, tidak banyak orang tua yang mengajarkan anak pengetahuan dasar keuangan sejak usia dini. Hal inilah yang sangat disayangkan oleh Warren Buffett, miliuner yang kini menjabat sebagai CEO perusahaan dengan nilai saham termahal di dunia, Berkshire Hathaway. 

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh perusahaan T Rowe Price pada 2018  terhadap 1/014 orang tua yang mempunyai anak berusia antara delapan hingga 14 tahun dan lebih dari seribu orang berusia 18-24 tahun, hanya empat persen dari orang tua yang mengatakan sudah mulai mendiskusikan topik keuangan dengan anaknya sebelum usia lima tahun.

Sedangkan tiga puluh persen orang tua mengaku mulai mengajarkan anak tentang keuangan di usia 15 tahun atau lebih. Dan sebanyak 14 persen orang tua mengatakan tidak pernah melakukannya sama sekali.

Warren Buffett mengingatkan, tidak ada kata terlalu dini. Mengajarkan kebiasaan mengelola keuangan yang sehat kepada anak-anak adalah hal terpenting yang Anda bisa lakukan untuk membantu memastikan bahwa mereka akan meraih kesuksesan di masa mendatang.

“Tidak ada kata terlalu dini,” kata Warren Buffett yang sudah berusia 88 tahun. “Entah dengan mengajarkan anak nilai mata uang, membedakan antara kebutuhan dan keinginan, atau mengajarkan nilai pentingnya menabung. Semua ini adalah konsep yang bisa diterima anak di usia yang sangat muda, jadi sebaiknya Anda membantu mereka untuk memahaminya,” tandas Warren Buffett. 

(riz)
 

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait