Ruben Onsu Ajarkan Betrand Peto Doakan Orang yang Berbuat Jahat Padanya

Ari Kurniawan | 11 Maret 2021 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ruben Onsu selalu berusaha menanamkan hal-hal baik kepada Betrand Peto, putranya yang 14 Maret nanti akan genap berusia 16 tahun. Salah satunya tentang menghilangkan rasa dendam pada orang-orang yang berbuat jahat kepadanya. 

Ruben Onsu mengajarkan Betrand Peto untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Sebaliknya, Ruben justru meminta Betrand untuk mendoakan orang yang membencinya. 

"Di usia dia, dia lagi punya emosi yang tinggi, dia lagi punya amarah yang banyak. Tapi saya berusaha ajarkan dia untuk memaafkan. Nggak boleh menyelesaikan sesuatu dengan marah," kata Ruben Onsu.

"Pernah saya dengar dia lagi doa, saya tanya udah doain orang itu belum, dia bilang belum. Saya suruh ulang lagi doanya. Doain orang itu supaya Tuhan kasih jalan. Siapa tahu Tuhan bukan tegur, tapi Tuhan kasih jalan dia untuk bisa lebih baik lagi," lanjut suami Sarwendah itu. 

Diakui Ruben Onsu, awalnya agak sulit untuk bisa meredam emosi Betrand Peto yang tak rela keluarganya diperlakukan tidak baik. Namun, perlahan Betrand bisa mengerti. 

"Dia ulang doanya, dia sebut nama orang itu, langsungsaya peluk dia," kata Ruben Onsu. 

"Dari situ dia paham, ketika orangtuanya disakitin, saya ajarin untuk mendoakan. Tuhan punya cara terbaik. Bukan tugas kita untuk menghakimi orang lain," tandasnya. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait