Alice Norin Kontraksi Seharian, Tapi Berujung di Meja Operasi

Wida Kriswanti | 3 Februari 2017 | 18:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Alice Norin telah melahirkan anak pertamanya, Alita Naora Lawi, pada 24 Januari 2017. Setelah putrinya itu berusia 10 hari, istri Alvin Yudhapatria kembali ke rumah sakit tempatnya melahirkan, MRCCC Siloam, Jakarta, Jumat (3/2). Tujuannya untuk kontrol kesehatan sang buah hati sekaligus imunisasi.

Kepada media, Alice menceritakan pengalaman melahirkan secara caesar yang dilakukannya. Situasi darurat menjadi penyebab ia mengambil jalan operasi caesar untuk melahirkan bayi yang dipanggilnya Baby Al itu. Setelah melewati proses kontraksi yang cukup lama, ternyata bukaan tidak kunjung bertambah.

“Dari hari pertama masuk sudah kontraksi, tapi jaraknya masih jauh-jauh,” kata Alice. Namun memasuki hari kedua di rumah sakit, bukaan tidak kunjung bertambah. Akhirnya, Selasa pagi, sekitar pukul 6, tindak operasi dilakukan dengan bantuan dokter kandungan Ardiansjah Dara. “Jam 4 (dini hari) diputuskan, jam 6 sudah operasi,” bilang Alice.

“Saya tahu betul Alice sudah menyiapkan untuk melahirkan alami. Latihan yoga dan segala macam sudah dilakukannya untuk membantu proses persalinan normal. Latihan yoga itu, kan bagus untuk mengontrol konsentrasi, kelenturan, dan segala macam. Tapi, ya ternyata dalam perjalanannya tidak seperti itu. Bayi ini macet,” cerita dokter Ardiansjah Dara yang ditemui di tempat dan waktu yang sama.

Melihat kondisi Alice yang sudah tidak memungkinkan menunggu lebih lama, maka diputuskan untuk melahirkan caesar. “Jadi kami putuskan mengambil jalan yang terbaik. Karena tujuannya, kan untuk menyelamatkan janin dan ibu,” kata dokter yang akrab disapa dokter Dara. “Karena sifatnya darurat, tidak ada persiapan khusus untuk memakai lagu atau segala macam, melainkan langsung masuk (ruang operasi) saja,” imbuhnya.

Operasinya sendiri memakan waktu lebih lama. Dari biasanya hanya sekitar 40-45 menit menjadi sekitar satu jam. Ternyata, posisi kepala janin yang sudah agak turun menyulitkan tim dokter untuk mengeluarkannya. “Mengeluarkan kepalanya enggak gampang, setengah mati, karena sudah agak turun ke bawah,” beber dokter Dara. “Tapi, alhamdulillah, Baby Al lahir langsung nangis dan oleh dokter anak juga dilihat tidak ada masalah.”

 

(wida/wida)

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait