Facebook DIanggap Bocorkan Nomor Telepon Pengguna

TEMPO | 8 Maret 2019 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Facebook menjadi sorotan pada September 2018 karena menyalahgunakan nomor telepon yang disediakan pengguna untuk pesan otentikasi dua faktor. Kali ini tudingan muncul lkagi karena Facebook dianggap tak memberikan opsi menolak bagi pengguna saat melakukan otentikasi. Ini membuat semua pihak di dunia bisa mendapatkan nomor Anda.

Selasa, 5 Maret 2019, laman boingboing mengabarkan, Facebook semula berjanji akan menghapus keharusan menyetorkan nomor telepon setelah skandal Cambridge Analytica. Namun, yang berubah adalah Facebook sekarang mengharuskan beberapa pengguna mengaktifkan otentikasi dua faktor.

Jutaan pengguna Facebook sekarang mengekspos diri mereka pada risiko kehilangan privasi yang berpotensi serius sebagai syarat untuk mengamankan akun Facebook mereka. Seorang profesor dari University of North Carolina, Chapel Hill, yang juga aktivis hak asasi manusia, Zeynep Tufecki menulis unggahan di akun Twitter-nya.

"Nomor telepon adalah tautan keamanan yang sangat pribadi dan penting.  Facebook bahkan akan membiarkan Anda menjadi target iklan melalui nomor telepon," ujar Tufecki.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait