Ani Yudhoyono Meninggal, Masyarakat Umum Dipersilakan Melayat di Cikeas

TEMPO | 1 Juni 2019 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Malam ini hingga besok masyarakat umum diperbolehkan melayat dan memberikan doa terakhir kepada Ani Yudhoyono di rumah duka Puri Cikeas. Ferdinand Hutahaean, Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, mengatakan meski boleh datang melayat, ada prosedur pengamanan yang harus diikuti oleh masyarakat umum. 

“Masyarakat umum diperbolehkan datang, tapi mohon maaf tidak bisa bebas karena ada pengamanan VVIP ada pak presiden, wakil presiden dan pejabat negara lain yang akan hadir, tapi kami pihak keluarga tidak melarang,” kata Ferdinand Hutahaean di Cikeas, Bogor, Sabtu 1 Juni 2019.

Saat ini, kata Ferdinand Hutahaean, seluruh petinggi partai Demokrat mulai dari Waketum, Sekejend dan beberapa pejabat lainnya, tengah mempersiapkan rencana kepulangan jenazah Ani Yudhoyono. “Jadi para pejabat partai kita bagi dua ada yang persiapan di sini (Cikeas) dan di sana (Singapura),” kata Ferdinand.

Rencana awal, Ferdinand mengatakan, jenazah Ani Yudhoyono akan diterbangkan ke Indonesia pada esok hari, namun atas permintaan keluarga, akan diterbangkan malam ini menggunakan pesawat C-130 Hercules milik TNI AU. “Pesawat disediakan oleh pemerintah, karena bu Ani merupakan istri Pak SBY mantan Presiden RI, sehingga layak mendapatkan hal itu,” kata Ferdinand.

Nantinya, Ferdinand mengatakan, jenazah akan disemayamkan di Pendopo lingkungan komplek Puri Cikeas, Gunung Putri, Bogor. “Kita persiapkan semua termasuk tenda, dan lakukan koordinasi, karena ini akan diambil alih pemerintah,” kata Ferdinand.

Semua jenazah Ani Yudhoyono akan diterbangkan ke Indonesia menggunakan pesawat C-130 Hercules milik TNI AU pada Minggu 2 Juni 2019 pada pukul 07.00 dan diperkirakan tiba di Indonesia pada pukul 08.00 di Bandara Halim Perdana Kusuma. Namun, ada perubahan rencana. Jenazah Ani Yudhoyono akan dibawa pulang malam ini pada pukul 19.30 waktu Singapura.

Setelah disemayamkan di rumahnya di Puri Cikeas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, besok jenazah Ani Yudhoyono akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta dengan upacara militer.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait