Piyu Padi Jalani Transplantasi Rambut Karena Rontok, Merasa Kehilangan Karakter Sebagai Musisi

Redaksi | 20 Agustus 2022 | 00:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gitaris Padi Reborn, Satriyo Yudi Wahono alias Piyu selama ini identik dengan rambut gondrong. Baru-baru ini, ia buka kartu soal rambut rontok yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. “Saya lebih banyak tampil dengan rambut pendek ditutupi topi karena perlahan mulai rontok dan menipis,” ungkap pencipta lagu “Kasih Tak Sampai” dan “Penjaga Hati,” dalam webinar “Hair Loss Awareness Month 2022: Kenali Penyebab, Akibat, dan Cara Atasi  Rambut Rontok bersama dr. Farmanina, Mbio (AAM),” pekan ini.

Kerontokan ini rupanya menggerus rasa percaya diri sang musisi. “Itu membuat saya kehilangan karakter sebagai musisi sehingga saya melakukan transplantasi rambut untuk mengembalikan kepercayaan diri dan karakter saya sebagai musisi gondrong,” kata Piyu. Ahli Transplantasi Rambut dr. Cintawati Farmanina, Mbio (AAM) menjelaskan rambut aspek penting dari penampilan manusia dan berdampak signifikan pada daya tarik maupun rasa percaya diri seseorang. Berdasarkan riset, satu dari enam orang tak nyaman melakukan kontak fisik dengan orang yang mengalami kebotakan atau kerontokan rambut.

“Maka dari itu, Farmanina Aesthetic and Hair Clinic mendukung Hair Loss Awareness Month di Indonesia agar makin banyak pasien mendapat bantuan, dukungan, dan pengobatan rambut rontok,” tutur Cintawati Farmanina. Secara umum, seseorang kehilangan 60 hingga 100 helai rambut per hari. Bila jumlahnya di atas rata-rata, maka perlu konsultasi dengan ahli untuk mendapat diagnosis dan perawatan yang lengkap. Cintawati merekomendasikan sejumlah perawatan rambut salah satunya, Platelet Rich Plasma atau PRP.

Perawatan PRP dan Transplantasi rambut menjadi pilihan terbaik untuk membantu orang mendapatkan kembali kepadatan, cakupan, dan kesehatan rambut serta kulit kepala. PRP adalah perawatan yang mengolah dan memisahkan darah serta plasma darah pasien. Setelah itu, plasma darah disuntikkan ke kulit kepala untuk mengatur pertumbuhan rambut yang lebih cepat, panjang, dan tidak mudah rontok. “Dalam perawatan PRP ditambahkan nutrisi untuk rambut seperti vitamin D, biotin, dan zink yang memaksimalkan pertumbuhan. Untuk kasus lain dengan kebotakan yang lebih luas, transplantasi rambut jalan terbaik,” terangnya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait