Koboy Kampus dan Kisah Masa Kuliah Pidi Baiq, Penulis Cerita Dilan 1990

Supriyanto | 20 Juni 2019 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak yang tidak mengetahui, jika Pidi Baiq tak bisa dipisahkan dari istilah koboy kampus. Berbicara koboy kampus memang menjadi bagian dari kehidupan Pidi Baiq saat ia mengenyam pendidikan di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) di era 1990-an.

Penulis cerita Dilan 1990 dan Dilan 1991 itu mengisahkan, istilah koboy kampus dikenal di lingkungan ITB usai The Panasdalam membawakan lagu Koboy Kampus.

Sementara itu, Pidi Baiq merupakan salah satu pentolah The Panasdalam yang kerap menulis lagu-lagu nyeleneh. Tentu saja, banyak mahasiswa kala itu yang tertarik.

Uniknya, mereka pun kemudian menjadikan The Panasdalam sebagai sebuah negara fiktif. Negara fiktif tersebut didirikan sebagai bentuk protes unik pada pemerintaan di era tersebut.

"Kebanyakan mahasiswa yang menyandang koboy kampus adalah penduduk The Panasdalam yang pada tahun 1995 didirikan sebagai negara," kata Pidi Baiq kepada wartawan di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Dekat dengan para koboy kampus, membuat Pidi Baiq menjadi tahu, bagaimana kehidupan mereka.

"Saya kan kawannya koboy-koboy kampus itu. Jadi, dengan sendirinya saya tahu siapa dan bagaimana kiprah mereka di dunia yang fana ini," ujar Pidi dengan gaya nyelenehnya.

Para mahasiswa yang termasuk koboy kampus itu, kerap menunda kelulusannya. Mereka lebih memilih asik bermain di lingkungan kampus, daripada mengikuti proses perkuliahan. Lalu, bagaimana dengan Pidi Baiq?

"Kayaknya saya menyelesaikan kuliah saya dengan tepat waktu. Maksudnya tepat sesuai dengan yang tidak saya harapkan. Kisah koboy kampus adalah kisah beberapa kawan saya yang di DO (drop out) karena lebih banyak ngoboy-nya daripada melaksanakan kuliah," ujar Pidi Baiq saat berbincang santai dengan wartawan belum lama ini.
 
"Koboy kampus zaman dulu masa kadaluarsa kuliahnya ada yang sampai 14 tahun, minimal tujuh tahun. Jadi mereka punya banyak waktu dan kesempatan untuk main-main di kampus selain kuliah," imbuh Pidi Baiq.

Kehidupan tentang koboy kampus, dituangkan Pidi Baiq melalui kisah film Koboy Kampus. Dijadwalkan film tersebut ditayangkan di bioskop Tanah Air, mulai 25 Juli 2019. (Pri)

(pri/bin)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait