Sabyan Gambus, dari Acara Wedding, Trending di Youtube sampai Membuat Single Sendiri

Redaksi | 17 Februari 2021 | 11:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bermula dari unggahan video cover lagu di Youtube, nama kelompok Sabyan Gambus melejit pada wal 2018. Video Sabyan Gambus di Youtube kerap menjadi trending dan ditonton hingga ratusan juta kali. Pada cover lagu Ya Habibil Qolbi, misalnya, ditonton sebanyak 102 juta viewers 4 bulan setelah diunggah.

Hampir semua video yang diunggah Sabyan Gambus di akun resminya selalu di atas satu juta penonton. Bahkan ada yang ratusan juta, seperti Deen Assalam yang hingga saat ini sudah ditonton sebanyak 286 juta kali.

Setelah videonya kerap menjadi viral di media sosial, Sabyan Gambus pun langsung ditawari untuk mengeluarkan single sendiri. Namun ketika itu, tahun 2018, para personelnya sempat tidak mau karena merasa belum percaya diri.

Sabyan Gambus mengatakan baru mau membuat single sendiri jika akun Youtube-nya bisa menembus 100 ribu subscriber. Dan ternyata target itu tercapai dalam waktu yang sangat singkat. Di tahun itu juga subscriber Sabyan Gambus telah mencapai 1,2 juta dan kini memiliki 6,8 juta subscribers.

"Sempat ditawari untuk membuat lagu, tapi kami bilang enggak mau. Kalau akun Youtube tembus 100 ribu subsriber baru mau. Dan ternyata cepat banget perkembangan subcribernya," kata Ayus selaku keyboardist Sabyan Gambus, saat peluncuran single perdana berjudul Ya Maulana di Jakarta Selatan, pada Mei tahun 2018 lalu.

Khorrunnisa atau akrab disapa Nissa, sang vokalis utama, mengatakan bahwa lagu Ya Maulana liriknya dibuat sekitar satu minggu lamanya. Menariknya isi dari lirik lagu hingga aransemen lagu dibuat sendiri oleh personel Sabyan Gambus.

"Pembikinan lagunya kami cuma butuh waktu satu minggu. Lirik lagunya dibikin sendiri, inspirasi dan aransemennya dari kami sendiri," ucap Nissa, vokalis utama Sabyan Gambus, sambil tersenyum.

Kelompok Sabyan Gambus dibuat awalnya untuk tampil di acara-acara wedding. Personelnya terdiri dari Khoirunnisa alias Nissa (vokalis). Ayus (keyboardist), Wawan (pemain gendang), Tebe (pemain biola), dan Anisa Rahman (vokalis dua yang belakangan mengundurkan diri). Pertemuan Nissa dengan personel Sabyan Gambus juga terjadi ketika mengisi acara wedding.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait