Produseri Film Bertema Kesehatan Mental, Prilly Latuconsina: Jangan Diremehkan

Supriyanto | 2 Februari 2022 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Prilly Latuconsina menjadi produser untuk film Kukira Kau Rumah yang akan tayang di bioskop mulai 3 Februari 2022. Di bawah naungan Sinemaku Pictures dan MD Pictures, film Kukira Kau Rumah disutradarai oleh mantan aktor cilik Umay Shahab.

Tak hanya produser, Prilly Latuconsina juga terlibat sebagai pemeran utama memerankan karakter Niskala, gadis penderita gangguan kesehatan mental atau ODB (Orang dengan Bipolar). Kukira Kau Rumah sengaja mengangkat tema masalah kesehatan mental karena rasa kepeduliannya.

"Kami sama-sama punya mental issue dan juga sudah mengerti banget, sadar banget, bahwa awareness soal kesehatan mental itu penting," ungkap Prilly Latuconsina usai screening film Kukira Kau Rumah di XXI Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Senin (31/1).

Bukan tanpa alasan, masalah gangguan kesehatan mental diakui Prilly dan Umay banyak terjadi di masyakarat saat terjadi pandemi Covid-19. Prilly ingin masyarakat bisa lebih peduli dengan kesehatan mental masing-masing, sebab kesadaran masyarakat dinilai masih cukup rendah.

Film yang juga dibintangi Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon, Raim Laode, Unique Priscilla, dan Kiki Narendra ingin memberikan edukasi kepada masyarakat. Ketidakpahaman akan pentingnya kesehatan mental juga membuat orang melabeli 'orang gila' kepada para penderitanya.

Prilly Latuconsina berharap masyarakat bisa terbuka matanya soal masalah kesehatan mental.

"Susah untuk ubah stigma orang-orang yang sudah menyepelekan atau menganggap orang yang punya mental illness, 'oh gila'," jelas Prilly Latuconsina.

"Film ini mau kasih unjuk kita nggak tau apa yang orang alami, dia (penderita) di keluarganya seperti apa. Jangan pernah meremehkan dengan kesehatan mental orang dan diri sendiri," tambah Prilly.

Tujuannya agar makin besar medium yang digunakan, maka makin banyak pula masyarakat yang bisa lebih membuka matanya.

"Makanya aku membawa isu ini ke ranah yang lebih luas yaitu film. Ya, yang mana hopefully, yang menonton bisa banyak dan dikemas dengan cerita yang lebih bisa dimengerti," pungkas Prilly Latuconsina.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait