Jonghyun "SHINee" Minta Maaf Karena Bercanda dengan Budaya Asia Selatan

Hari Murtono | 5 Desember 2016 | 10:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jonghyun "SHINee" terserempet skandal dan harus klarifikasi. Semua masalah terjadi saat Jonghyun menggelar konser tinggalnya di Korea Selatan. Jonghyun yang bertujuan menghibur dengan candaan khas anak muda dianggap terlalu berlebihan.

Dalam video yang dibuat, Jonghyun tampan memakai pakaian India dan melakukan akting yang dianggap berlebihan Jonghyun juga dianggap menyinggung banyak pihak dengan topik tentang homoseksual.

Tahu dirinya telah membuat masalah, Jonghyun langsung menulis surat permintaan maaf. Jonghyun mengakui dirinya telah bercanda di luar batas dan memutuskan akan menghapus bagian tersebut di video resminya.

"Saya ingin meminta maaf karena banyak orang dari wilayaha tersebut merasa tak senang. Saya murni melakukannya untuk humor fan sepertinya akting saya terlalu berlebihan," tulis Jonghyun.

Jonghyun mengatakan tindakannya tak ada hubungannya dengan SM Entertainment. Konsep tersebut hanya bagian dari aksi panggungnya yang juga mengenakan kostum narapidana, duyung, gangster, nelayan, dan lain sebaginya.

"Saya menundukan kepala meminta maaf. Saya tak bermaksud menyinggung sebuah budaya yang kaya akan sejarah," lanjut Jonghyun.

Soal penyebutan kata  'tastes' dan 'that way' sebagai pengganti kata 'gay' atau 'homoseksual' menurut Jonghyun bukan sebagai bentuk pengacuhan. Ia meminta maaf atas kata-katanya yang dianggap terlalu bertendensi.

Jonghyun sendiri selama bertahun-tahun merupakan pendukung isu sosial yang sangat aktif. Ia pernah memberi dukungan langsung kepada mahasiswa transgender yang di bully di kampusnya. Mungkin Jonghyun hanya perlu lebih hati-hati dengan isu global.  

 

(hari/gur)

 

Penulis : Hari Murtono
Editor: Hari Murtono
Berita Terkait