Stray Kids, Pendatang Baru K-Pop yang Sukses Menaklukkan Billboard

Rizki Adis Abeba | 3 Februari 2018 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lahir di tengah persaingan sengit industri musik K-pop, Stray Kids mampu menyusup ke barisan grup K-pop papan atas yang saat ini ditempati BTS, EXO, Infinite, dan Wanna One.

Lewat album Mixtape yang dirilis 8 Januari lalu, Stray Kids melesat ke posisi kedua World Album Chart di tangga lagu Billboard pada 20 Januari.

Mereka membayangi BTS yang bertengger di posisi puncak selama 17 pekan dengan album Love Yourself: Her. Kemunculan Stray Kids membuat publik penasaran. Siapa sebenarnya mereka?

Sembilan personel Stray Kids: Kim Woo Jin (21), Bang Chan (21), Lee Min Ho (20), Seo Chang Bin (19), Hwang Hyun Jin (18), Han Ji Sung (18), Felix (18), Kim Seung Min (2000), dan Yang Jeong In (17) adalah pemenang ajang pencarian bakat berjudul sama yang diproduksi JYP Entertainment.

Program Stray Kids mengudara di layar kaca pada Oktober hingga Desember 2017. Berbeda dengan Produce 101, Stray Kids merupakan acara kompetisi antarkelompok. 

Yang menarik, Stray Kids sebenarnya belum punya cukup modal untuk dilirik publik apalagi hingga tangga lagu internasional seperti Billboard.

Saat ini, status mereka masih dalam masa pre-debut. Karya resmi Stray Kids baru sebuah album EP (Extended Play) berjudul Mixtape berisi tujuh single dengan lagu “Hellevator” sebagai dagangan utama. 

Di luar dugaan, popularitas Stray Kids mampu membuat klip video “Hellevator” ditonton lebih dari 16 juta kali di YouTube hingga saat ini.

Keunikan lainnya, beberapa personel Stray Kids diberi kepercayaan memproduksi lagu mereka sendiri. Itu sebabnya, lirik lagu yang menyuarakan isi hati dan kegelisahaan remaja di usia 20-an terasa realistis bagi pendengar.

“Ini adalah lagu yang mengungkapkan perasaan tentang debut kami selama masa pelatihan. Ini mahakarya Stray Kids, lagu yang memperkenalkan kami kepada dunia,” beri tahu Bang Chan, personel yang berasal Australia.

Selain mengedepankan “Hellevator”, mereka merekomendasikan single “Grrr”, yang menggambarkan pemberontakan jiwa pemuda.

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait