Piala Dunia 2018: Hadapi Kosta Rika, Meski Belum Pulih Brasil Turunkan Neymar

TEMPO | 22 Juni 2018 | 18:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Brasil tetap menurunkan penyerang Neymar Jr pada laga kedua babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2018, Jumat (22/6) malam melawan Kosta Rika. Padahal Neymar masih belum dalam kondisi pulih 100 persen.

Pelatih Timnas Brasil, Tite, menyatakan bahwa Neymar masih membutuhkan waktu untuk pulih 100 persen. Namun dia meminta suporter Brasil tak khawatir dengan keputusannya untuk tetap menurunkan penyerang asal klub Paris Saint-Germaine itu.

"Perkembangannya masih sama. Dia bermain 90 menit pertama kalinya (pada laga melawan Swiss) dalam tiga setengah bulan terakhir," ujar Tite. "Lima laga adalah waktu minimum yang dia butuhkan. Proses penyembuhannya telah dipercepat. Semuanya terkendali, jangan khawatir," ujarnya.

Jawaban Tite itu menghapus keraguan soal apakah dia akan bermain atau tidak pada laga melawan Kosta Rika malam nanti. Pasalnya, Neymar sempat disebut kembali mengalami cedera setelah laga pertama melawan Swiss berakhir imbang 1-1.

Brasil sendiri membutuhkan kemenangan untuk membuka peluang mereka lolos ke babak 16 besar. Tim Samba kini hanya berada di posisi kedua di bawah Serbia yang pada laga pertama menang 1-0 dari Kosta Rika. Pada laga terakhir, Brasil akan meladeni Serbia.

Tite sadar betul bahwa kemenangan akan sangat krusial bagi Brasil. Menurut dia, Brasil harus meningkatkan efektivitas dalam menyerang untuk memenangkan laga itu.

"Laga ini sangat menentukan karena kami bermain imbang pada laga pertama. Kami sadar itu. Kami membutuhkan lini pertahanan yang seperti kemarin dan peningkatan efektivitas di lini depan," katanya.

Laga Brasil vs Kosta Rika dilangsungkan pada Jumat 22 Juni 2018 pukul 19.00 WIB dan disiarkan langsung oleh Trans TV.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait