Maestro Tari Didik Nini Thowok Bikin Pasar Rakyat yang Dipadu Kesenian Lokal

- | 21 Agustus 2018 | 23:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Maestro Tari Didik Nini Thowok memprakarsai pasar rakyat yang dibalut dengan seni budaya lokal di kawasan lereng pegunungan Menoreh Kulon Progo, Yogyakarta, tepatnya didusun Bendung Khayangan, Girimulyo, pada Minggu (19/08). Pasar yang diberi label Pasar Nini Thowok Minggu Legen ini sengaja diadakan di kawasan wisata yang masih alami, berlatar belakang pegunungan Menoreh dan berhadapan dengan tempuran sungai. 

"Kami membuat pasar ini agar semua makanan khas desa dan kesenian daerah di sini bisa berkembang bersamaan, semua dikerjakan oleh warga setempat secara gotong royong," ujar Didik Nini Thowok.

Makanan khas desa seperti makanan geblek tempe, pecel dawet, sayuran khas desa, hasil kebun ketela, petai, singkong, kacang kacangan bisa dinikmati dengan harga murah. Adapula makanan ekstrem, seperti Crispy Jangkrik, Peyek Jangkrik, hingga aneka ramuan jamu tradisional.

Dukungan pementasan kesenian lokal membuat kegiatan pasar ini lebih hidup. Didik Nini Thowok ingin kegiatan ini rutin diadakan setiap bulan sekali, dengan sajian kesenian yang lebih beragam.

"Setiap Minggu Legi pasar ini kita adakan, dan ini sudah yang kedua kalinya. Saya senang banyak seniman muda peduli. Dukungan dari warga, pemerintah setempat khususnya Bupati Kulon Progo yang mengijinan daerah ini untuk kami kelola," lanjut Didik Nini Thowok.

Area pasar yang memiliki luas sekitar satu hektar ini kelak akan lebih dikembangkan menjadi Kampung Nusantara Didik Nini Thowok. Bukan hanya sekedar kegiatan pasar setiap bulan, juga tempat belajar berbagai kesenian dan budaya serta pembuatan cinderamata. Impian Didik Nini Thowo, kelak tempat ini berkembang sebagai destinasi wisata dan budaya yang memiliki ciri khas Kulon Progo.

Penulis : -
Editor: -
Berita Terkait