Begini Usaha Ade Firman Hakim untuk Melakoni Peran Transgender

Wayan Diananto | 13 Maret 2017 | 06:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktor Ade Firman Hakim (28) mendapat tantangan besar selama syuting film Bid'ah Cinta karya sienas Nurman Hakim. Di film itu, Ade Firman Hakim memerankan seorang transgender bernama Sandra. 

Dari kecil, Sandra merasa dirinya perempuan. Ia hanya ingin beribadah di masjid layaknya perempuan biasa. Beribadahnya pun di area perempuan. Rupanya tidak semua orang bisa menerima kehadiran Sandra ini. Bagi Ade Firman Hakim, tidak mudah memerankan transgender. 

Ade Firman Hakim melakukan beberapa hal untuk mendalami dunia Sandra. Dimulai dari perawatan waxing di salon hingga menggunakan lensa kontak. “Sulit menggunakan lensa kontak mengingat mata saya sebenarnya tidak minus. Kalau memakai lensa kontak yang untuk gaya-gayaan pun saya belum terbiasa,” aku Ade Firman Hakim di Metropole XXI Jakarta, Sabtu (11/3).

Rupanya, waxing dan lensa kontak saja dirasa belum cukup untuk menyelami karakter transgender. Nurman Hakim menyarankan Ade Firman Hakim untuk memakai pendekatan almarhum Didi Petet ketika memerankan si Emon dalam film laris Catatan Si Boy. 

“Pendekatan itu yakni (maaf-red) anunya dilipat ke dalam. Lalu, saya membeli celana dalam yang lebih kecil dari ukuran saya yang biasanya. Saya memakai celana dalam itu dari rumah sebelum berangkat ke lokasi syuting. Rasanya, ngilu!” seru Ade Firman Hakim.

Lantas apa manfaat yang dirasakan Ade Firman Hakim dengan memakai celana dalam berukuran lebih mini? “Kalau mau menangis, lebih gampang. Hahaha!” imbuhnya. Ade Firman Hakim menambahkan, karakter Sandra bukanlah karakter banci kebanyakan. “Kalau perannya cuma ngondek-ngondekan (kemayu) itu gampang. Sementara saya harus merasakan efek pedih menjadi seorang transgender. Itu mesti tergambar lewat gesture saya di depan kamera,” pungkasnya. 

(wyn/ari)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait