Cerita Ray Sahetapy Bertengkar dengan Gurunya karena Dewi Yull

Ari Kurniawan | 22 Mei 2017 | 10:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ray Sahetapy mengungkapkan jasa besar Wahyu Sihombing dalam perjalanannya sebagai aktor. Ray mengaku sangat dekat dengan sosok Sihombing, yang merupakan pendiri Institut Kesenian Jakarta (IKJ), yang dulu bernama Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (LPKJ). 

"Saking dekatnya, saya sempat berantem sama beliau," ceplos Ray Sahetapy, dalam bincang-bincang seputar Festival Teater Wahyu Sihombing di IKJ, baru-baru ini. 

Dewi Yull jadi pemicu pertengkaran Ray Sahetapy dengan almarhum. "Ketika itu Dewi Yull, yang saat itu masih istri saya, dimarahi pak Hombing karena main film lain. Pak Hombing maki saya di depan banyak orang. Beliau teriak, saya juga teriak. Heboh sekali waktu itu," tutur Ray.

Sejak itu Ray Sahetapy memutuskan untuk hengkang dari IKJ dan membentuk tetaer seniri di rumahnya. Meski begitu, hubungan Ray dengan Wahyu Sihombing tak terputus. "Banyak ilmu yang saya dapat dari beliau. Khususnya tentang teater," Ray mengakui. 

Sebagai bentuk rasa cintanya terhadap sang guru, Ray Sahetapy melibatkan diri dalam Festival Teater Wahyu Sihombing, yang dihelat menyambut Dies Natalis IKJ Ke-47. Festival ini menyuguhkan pementasan-pementasan terater dengan pendekatan realisme, sesuai mahzab yang dianut oleh Hombing semasa hidup. 

Festival Teater Wahyu Sihombing diikuti enam grup dari empat kota, yakni Teater Lembaga (Jakarta), Teater Aristokrat (Jakarta), Teater Bel (Bandung), Nep Teater (Bandung), Saturday Acting Club (Yogyakarta), dan Tetater Satu (Lampung).

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait