Anies Baswedan Ingin Pecinan Glodok Jadi Tujuan Wisata Asian Games

TEMPO | 5 Maret 2018 | 09:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Festival Pecinan dan Cap Go Meh di Glodok Pancoran, Jakarta Barat, Sabtu, 3 Maret 2018. Kepada warga, Anies mengungkapkan keinginannya untuk mengembangkan kawasan Pecinan di Glodok sebagai salah satu tujuan wisata saat Asian Games 2018.

Suasana budaya Tionghoa yang kuat di tempat itu dinilainya akan menarik banyak pengunjung saat pesta olahraga Asia, di Jakarta, Agustus mendatang. “Insya Allah nanti kita akan bicarakan untuk bisa dilaksanakan. Termasuk di petak sembilan,” ujar Anies Baswedan.

Menurut Anies Baswedan, perencanaan kawasan Pecinan Petak Sembilan akan dilakukan secepatnya agar bisa lebih rapi dan bisa siap dikunjungi saat pagelaran Asian Games 2018. “Nanti pada saat Asian Games, ada begitu banyak orang datang ke Jakarta. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah kawasan Pecinan ini,“ kata Anies.

Anies Baswedan juga meminta untuk penamaan tetap memakai khas Indonesia yakni pecinan. Tidak perlu diubah menjadi China Town. “Kita harap perayaan seperti ini hanya merasakan warna-warni Jakarta, tapi juga menggerakkan ekonomi Jakarta,” kata Anies.

Apresiasi, kata Anies, ditunjukkan kepada tokoh masyarakat Tionghoa yang telah mempertahankan perayaan budayanya.Khususnya keluarga besar Perhimpunan Tionghoa Indonesia (INTI). “Mereka terlibat langsung dalam perayaan ini."

Menurut Anies Baswedan, dirinya akan mengakomodasi proposal untuk pembangunan gerbang kawasan Pecinan. “Tapi saya usul jangan coba-coba jadi China Town, itu nama yang asli Jakarta,” katanya.

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September.
 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait