Kepergian Laila Sari Akhiri Eksistensi Tangkiwood, Kampung Artis Tempo Dulu

Altov Johar | 21 November 2017 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika Amerika punya Hollywood dan India dengan Bollywood, Indonesia pun memiliki Tangkiwood. Kawasan tersebut merupakan tempat tinggal dan berkumpul artis-artis beken tempo dulu, yang terletak di sekitar taman hiburan Lokasari, Jakarta Barat.

Sebut saja Mak Uwo, Tan Tjen Bok, Ateng, Iskak, Edi Sud, Bing Slamet, hingga Laila Sari, pernah menetap di dalamnya. Tangkiwood kian meredup seiring kepergian satu-persatu penghuninya.

Bisa dibilang, Laila Sari merupakan satu-satunya artis tempo dulu yang masih menetap di Tangkiwood. Lebih kurang selama 50 tahun dia menetap di sana, hingga ajal menjemput.

"Kira-kira 50 tahun lebih ya. Dia aja umurnya 82 tahun. Sejak berumah tangga dia tinggal di sini," ungkap Dani Komara, keponakan Laila Sari, di rumah duka, Selasa (21/11) dini hari.

Menurut Dani, wafatnya Laila Sari mengakhiri  eksistensi Tangkiwood yang dulu dikenal sebagai kawasan tempat tinggal artis beken tanah air. Sebab, tidak ada lagi artis tempo dulu yang tersisa di kawasan ini.

"Laila Sari generasi terakhir. Dulu banyak artis yang tinggal di sini. Banyak juga yang sering datang, kayak Edi Gombloh. Serkarang sudah nggak ada lagi," ujar Dani.

Laila Sari meninggal dunia pada Senin (20/11) malam, sekitar pukul 20.00 wib di rumahnya, Kawasan Tangkiwood, Lokasari, Jakarta Barat. Almarhumah akan dikebumikan di TPU Karet Bivak, Jakarta, dekat pusara suaminya. 

(tov/ari)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait