Perjalanan Hidup Bondan Winarno, Dari Juru Kamera Hingga Presenter Kuliner

- | 29 November 2017 | 12:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bondan Winarno tenar setelah memandu program Wisata Kuliner Trans TV. Sebelum membawakan acara tersebut, Bondan berkiprah sebagai jurnalis. Di dunia jurnalistik, Bondan sosok yang cukup dikenal.

Ketertarikan Bondan akan jurnalistik dimulai saat remaja. Kariernya berawal dari menjadi juru kamera Puspen Hankam (1969-1970), saat kuliah di  Jurusan Teknik Arsitektur, Universitas Diponegoro, Semarang.

Bondan kemudian memutuskan tidak melanjutkan kuliah. Sebenarnya ia lebih menyenangi budaya ketimbang teknik. Namun desakan orang tua membuatnya ia mengambil jurusan itu. "Saya memilih Arsitektur karena jurusan tersebut lebih ada seninya," ujar Bondan Winarno yang kelahiran Surabaya, 29 April 1950 ini, kepada tabloid Bintang Indonesia pada 2006.   

Berhenti kuliah, Bondan kemudian terjun ke dunia kerja secara penuh. Pengetahuan tentang budaya dituangkan dengan mengisi rubrik di Intisari, sejak 1971. Bondan juga mengisi kolom Kompas sejak pertama koran itu terbit. Kemauan keras untuk maju selalu ditunjukkannya. Sepanjang 1973, Bondan pernah merasakan menjadi creative director Marklin Advertising, berlanjut dengan menjadi account executive Intervista pada 1974 hingga akhirnya mengambil kursus Marketing & Financial Management tahun berikutnya. 

Kariernya di jurnalistik pun mulai diakui. Dengan pengalaman di berbagai bidang, Bondan mampu menulis berbagai materi dengan lugas. Di usia 34 tahun, ia menjadi pengasuh rubrik kiat majalah Tempo. Di usia itu pula ia menjadi pemimpin redaksi majalah bisnis Swasembada. Bukti keluasan pengetahuannya, Bondan tunjukkan dengan menjadi konsultan Bank Dunia di Jakarta pada 1998-1999. Puncaknya, dipercaya memimpin redaksi harian Suara Pembaruan pada 2001. Di tempat itulah Bondan Winarno memilih pensiun 2 tahun berselang. 

Namun, pensiun tidak membuat Bondan berhenti menulis. Ia juga mulai tampil sebagai host program Wisata Kuliner. Gara-gara acara Bondan tersebut, program kuliner pun menjadi booming di televisi lokal. Belakangan, Bondan Winarno mendirikan unit usaha yang bergerak di bidang kuliner. 

Penulis : -
Editor: -
Berita Terkait