Kesuksesan Lagu Asal Kau Bahagia Armada Dirasakan Banyak Orang

Wayan Diananto | 28 Mei 2017 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak ada yang lebih menakjubkan di industri musik Indonesia tahun ini kecuali pencapaian lagu “Asal Kau Bahagia” milik Armada. 

Di kanal YouTube, video lirik “Asal Kau Bahagia” telah ditonton lebih dari 58 juta kali hanya dalam dua bulan.

Hingga artikel ini diunggah, video lirik itu ditonton 84 juta kali lebih. 

Hampir tiga bulan lalu, Armada mengunggah video lirik “Asal Kau Bahagia”. Aksi unggah itu disertai target sederhana, ditonton 2 juta kali setiap bulan.

Yang membuat Rizal (vokal), Radha (gitar), Mai (gitar), Andit (drum), dan Endra (bass) kaget, target 2 juta itu tercapai hanya dalam tiga hari! Mereka menyimpulkan, “Asal Kau Bahagia” materi kuat dan nyantol di kuping pendengar. 

“Asal Kau Bahagia” diciptakan beramai-ramai. Radha dan Mai menyusun aransemen musik. Sementara liriknya diolah Rizal. Sukses lagu ini sekaligus menjadi kado ulang tahun kesepuluh Armada, 24 Mei nanti. Selain itu, “Asal Kau Bahagia” dijadikan jembatan yang menghubungkan single pertama “Pulang Malu Tak Pulang Rindu” dengan album terbaru mereka.

“Sebenarnya album ini sudah siap edar. Seluruh materi telah direkam. Sampul album malah sudah selesai. Kami tinggal menunggu pertimbangan dan kebijakan dari perusahaan rekaman. Ada beberapa faktor yang membuat peluncuran album tertunda. Apa itu? Ada, deh. Ha ha ha!” seru Rizal dalam sesi wawancara khusus di Jakarta Selatan, pekan lalu.

Sementara Mai menyebut, “Asal Kau Bahagia” menciptakan sejumlah dampak besar bagi Armada. “Durasi tidur kami menjadi berkurang, enggak pernah cukup. Tidur delapan jam itu hal yang selalu kami tunggu untuk terwujud. Dampak lain, tawaran manggung ke luar negeri sangat kencang. Kemarin kami habis manggung di Kuala Lumpur, Malaysia.”

Penggemar Armada di Malaysia menuntut promosi single “Asal Kau Bahagia” dibuat lebih intens. Ada analisis dari penggemar yang menyebut bahwa sekitar 20 sampai 30 persen pengunjung di video lirik berasal dari Malaysia, Taiwan, dan Hong Kong. Itu sebabnya, saat manggung di Kuala Lumpur, respons mereka terhadap lagu tersebut sangat antusias. 

Yang terkena dampak lagu “Asal Kau Bahagia”, menurut Radha, bukan hanya bandnya. Sejumlah orang kecipratan sukses gara-gara menyanyikan kembali lagu itu dengan gaya mereka. Salah satu yang meng-cover “Asal Kau Bahagia” di YouTube, Hanin Dhiya. Penampilan Hanin di web itu ditonton lebih dari 24 juta kali. Ada pula yang memparodikan lagu itu dan beroleh atensi 1,9 juta kali di YouTube. Para personel Armada mengaku tidak keberatan dengan fenomena itu. Belum lagi penyanyi lain yang membawakannya di acara-acara offair, termasuk pengamen di cafe dan jalanan.

 

(wyn / gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait