Membuat Sayuran Goreng Sedikit Lebih Sehat dan Tidak Membahayakan Kesehatan

Alam Mary | 28 April 2024 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang kesulitan mengonsumsi sayuran dengan cara yang sehat. Sayuran yang digoreng malah sering menjadi menu favorit. Siapa tidak suka bakwan jagung, bayam crispy, atau brokoli tempura, dan lain-lain. 

Padahal kita semua tahu, memanaskan sayuran akan menghilangkan sebagian besar atau bahkan keseluruhan kandungan nutrisi sayuran tersebut. Yang didapat hanya rasa nikmat di lidah saja, sementara kebaikannya untuk kesehatan hampir tidak tersisa.

Selain minyak goreng, penambahan tepung membuat sayuran goreng semakin tidak sehat. Kalori dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh pun meningkat. Namun jika meninggalkan sayuran goreng 100 persen benar-benar sulit dilakukan, perlu dilakukan upaya untuk membuat sayuran goreng sedikit lebih sehat.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Ingatlah bahwa deep frying bekerja dalam minyak panas. Temperatur rendah akan membuat sayuran goreng berminyak dan menjijikkan. Tapi jika temperatur terlalu tinggi, sayuran akan jadi sangat kering dan mengoksidasi minyak. Hasilnya tidak enak dari segi rasa dan penampilan. Jadi pastinya, minyak dalam temperatur panas yang pas saat menggoreng sayuran.

2. Hindari penggunaan minyak goreng PUFA (polyunsaturated fatty acids), yaitu minyak goreng dengan kandungan lemak tak jenuh (Omega 3 dan Omega 6) yang memiliki banyak ikatan rangkap. Pilih minyak yang stabil saat dipanaskan atau yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal. 

3. Pilih minyak yang memiliki aroma netral.

4. Minyak kelapa (coconut oil) adalah pilihan terbaik karena mengandung lemak jenuh yang dapat mencegah perut buncit dan bisa membunuh semua virus dan bakteri jahat.

5. Tapi minyak zaitun adalah pilihan terbaik untuk menggoreng karena memiliki kandungan lemak paling sehat.

6. Minyak avokad, minyak kacang, minyak kelapa sawit, bisa jadi alternatif untuk menggoreng sayuran. Tapi minyak kacang dan minyak kelapa sawit paling tidak direkomendasikan. 

7. Tentu saja, minyak nabati pabrikan seperti minyak kedelai, minyak jagung, minyak canola, minyak bunga matahari, dan lain-lain, tetap berbahaya untuk kesehatan karena semuanya termasuk PUFA.

8. Artinya, boleh-boleh saja mengonsumsi sayuran goreng. Namun batasi jumlah asupannya.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait