5 Kesalahan Merawat Rambut yang Sering Tidak Disadari

Alivia Sekar Firnanda Senin, 13 September 2021 04:00:23
Setiap wanita mendamba rambut yang indah. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Siapa yang tidak menginginkan rambut Indah? Setiap wanita mendamba rambut yang indah. Tetapi, terkadang tanpa disadari, cara kita merawat rambut kerap salah. Sehingga pelan-pelan tanpa disadari, keindahan rambut memudar.

Beberapa masalahnya antara lain, salah menggunakan sampo atau tidak teliti dalam menggunakan produk perawatan rambut.

Sebenarnya, faktor gagal memiliki rambut indah dan bersinar bukan hanya dari sampo. Bisa saja dari cara menggunakan produk yang salah, urutan pemakaian hair care yang salah, hingga kurang tepat dalam menggunakan alat-alat keperluan rambut. Ini dia beberapa kesalahan sepele yang sering kali tidak disadari.

1. Penggunaan sisir yang salah

Meskipun sepele, penggunaan sisir yang salah sangat berpengaruh pada rambut. Saat menyisir rambut waktu yang tepat adalah setelah rambut sudah setengah kering. Kerap banyak orang yang melakukannya saat masih basah.

Faktanya, saat rambut dalam keadaan basah, rambut membengkak yang sangat rentan pada kerusakan. Periode menyisir juga ada waktunya, diharapkan untuk menyisir sehari sekali. Hal ini dilakukan agar rambut kalian tidak mudah rusak dan cepat rontok.

Selain itu, menggunakan bentuk sisir yang salah juga penting terhadap kerontokan rambut. Bentuk sisir yang tepat ialah sisir yang memiliki sela-sela renggang. Saat menyisir, mulai dari ujung bawah rambut. Setelah ujung rambut sudah tidak kusut, baru lakukan menyisir rambut dari akar sampai batang rambut.

(Depositphotos)
(Depositphotos)

2. Menggosokkan rambut dengan handuk yang kasar

Fase orang saat keramas biasanya keramasan, bilas, dan menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut lebih cepat. Cara tersebut memang tidak ada yang salah. Namun, kebanyakan orang saat mengeringkan rambut menggunakan dengan menggosok-gosokan handuk pada rambut.

Tekstur handuk yang kasar hanya akan membuat batang rambutmu lebih rapuh. Hal lain yang salah seperti memeras rambut dengan handuk yang terlalu keras. Saat rambut basah, rambut memerlukan bernafas. Cara yang paling tepat saat ingin mengeringkan rambut yaitu dengan angin alami tanpa hair dryer.

3. Melewati vitamin/serum

Vitamin merupakan hal yang sangat penting untuk menutrisi rambut. Conditioner saja tidak cukup untuk kamu yang menginginkan rambut lebat dan sehat seperti model sampo. Kandungan yang terdapat didalam vitamin, dapat memudahkan dan membantu rambut yang sudah rusak.

Menggunakan vitamin atau serum juga tidak bisa sembarangan. Oleskan vitamin pada ujung bawah rambut dan hindari menggunakan vitamin pada kulit kepala, itu hanya akan membuat rambut kamu cepat lepek.

4. Gerakan keramas yang kasar

Mencuci rambut atau keramas merupakan hal wajib setiap dua hari sekali yang orang lakukan. Namun, selain menggunakan produk yang tidak cocok, gerakan keramas yang salah juga menyebabkan kerusakan pada rambut.

Walaupun terlihat mudah, saat berkeramas kamu harus tahu step dan hal apa yang benar untuk memperbaiki rambut kamu yang sudah rusak. Pijat kulit kepala dengan pelan, usahakan tidak menggaruk kulit kepala saat keramas. Memijat kulit kepala lebih baik untuk melancarkan sirkulasi darah daripada menggaruknya dengan kasar.

5. Hindari mengikat rambut terlalu sering

Siapa yang tidak betah karena gerah dengan rambut yang terurai? Seringkali kita mengikatnya agar lebih ringkas dan lebih adem. Tapi ternyata, terlalu sering mengikat rambut akan membuat rambutmu mudah patah. Selain patah, rambut akan cepat rusak dan kusut. Jadi, hindari keseringan mengikat rambut jika tidak sangat diperlukan. Gunakan alat styling yang bersifat lebih aman seperti jepit rambut, bandana, dan masih banyak lagi.

 


Penulis Alivia Sekar Firnanda
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore