Berteman Lewat Hubungan Telepon dan Chat Ternyata Cukup Bagi Wanita

Carisya Nuramadea | 27 Februari 2017 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Peneliti di Oxford menemukan bahwa terdapat perbedaan antara pria dan wanita dalam menjaga persahabatan mereka. Bagi wanita, komunikasi lewat telepon atau chat sudah cukup untuk "keep in touch" dengan sahabat yang jauh, tetapi studi menunjukkan bahwa pria harus bertemu tatap muka.

Seperti LDR, kita sulit menjaga percikan persahabatan dengan teman yang tinggal di kota yang berbeda. Profesor Robin Dunbar, yang memimpin pekerjaan tersebut di University of Oxford, mengatakan: "Apa yang menentukan persahabatan jarak jauh berlangsung pada anak perempuan adalah karena mereka berupaya untuk berbicara lebih banyak satu sama lain lewat telepon."

Namun, tambahnya, perbincangan telepon tidak benar-benar berpengaruh pada hubungan anak laki-laki. "Apa yang mengikat persahabatan mereka adalah dengan melakukan suatu hal bersama-sama," kata Dunbar. "Pergi ke pertandingan sepak bola, pergi ke pub untuk minum, itu perbedaan gender yang sangat mencolok," jelas Dunbar seperti dilansir The Guardian

Sekarang para ilmuwan mengatakan mereka telah menemukan kunci untuk menjaga persahabatan (yang tampaknya menjadi berbeda bagi pria dan wanita).

Pria perlu bertemu tatap muka dan melakukan kegiatan bersama, sedangkan untuk persahabatan perempuan, percakapan telepon yang lama dapat menjembatani jarak fisik. 

Dunbar mengatakan gaya persahabatan yang berbeda antara jenis kelamin ini dapat menjelaskan beberapa hal. "Ini adalah tentang gagasan bahwa perempuan jelas memiliki persahabatan yang jauh lebih intens," katanya. "Mereka sangat intens, jika mereka bubar, mereka bubar serempak, hampir sama seperti hubungan asmara."

Sebaliknya, laki-laki cenderung memiliki persahabatan yang lebih santai. Mereka cenderung memiliki kelompok empat orang untuk melakukan berbagai hal bersama.

 

(dea/wida)

Penulis : Carisya Nuramadea
Editor: Carisya Nuramadea
Berita Terkait