4 Tanaman yang Bisa Dipilih untuk Mempercantik Balkon

HOME.CO.ID | 26 Oktober 2020 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di hunian perkotaan seperti apartemen, orang biasanya memanfaatkan area balkon sebagai taman. Itu tidak masalah karena mereka memang tidak punya lahan atau tanah lebih untuk dijadikan taman. Namun untuk membuat taman seperti itu, penghuni tentunya tidak bisa memilih tanaman sembarangan.

Pemilihan ini diperlukan karena ada beberapa tanaman yang tidak bisa tumbuh di pot atau media tanam lain selain tanah. Di sisi lain, area balkon apartemen juga umumnya tidak terlalu besar, sehingga membutuhkan tanaman yang relatif kecil. Sebagai referensi, berikut ada beberapa tanaman yang cocok untuk melengkapi taman di area balkon.  

Bougenville varigata
Tanaman ini dijuluki sebagai bunga kertas. Macam-macam warna dari bunga tanaman ini sangat indah, sehingga banyak yang memilihnya sebagai penghias halaman rumah, teras, hingga balkon apartemen. Tanaman ini tidak begitu besar dan bisa ditanam dalam pot, sehingga cocok untuk hunian perkotaan yang minim lahan.

Kamboja Jepang
Kamboja Jepang atau Adenium, merupakan sanak saudara dari Plumeria (kamboja kuburan). Perbedaan kedua jenis kamboja ini terletak pada batangnya. Adenium mempunyai bentuk batang yang lebih besar, dengan bagian akar menyerupai umbi. Akan tetapi, daun tanaman ini lebih panjang dan kecil dibandung Plumera. Inilah yang membuat Adenium cocok untuk taman mungil di balkon minimalis.

Puring
Puring merupakan tanaman hias daun yang amat populer. Tanaman ini juga dikenal dengan nama kroton. Dulu, puring sempat dianggap tidak berharga. Tapi sekarang, tanaman ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Tanaman ini bahkan banyak ditemukan pada perumahan-perumahan mewah. Maka dengan menempatkan tanaman ini di balkon, apartemen pun bisa terkesan mewah dari luar.

Bromeliad
Bromeliad atau bromelia memiliki berbagai macam jenis. Ciri tanaman ini adalah daunnya yang berbentuk seperti daun nanas dan tersusun rapi. Selain itu, panjang dan lebar setiap daunnya itu berbeda. Namun umumnya, panjang dari daun bromelia ini selalu sejajar. Daun yang bagian bawah akan terlihat panjang, dan makin ke atas daunnya akan semakin kecil. Keunikan inilah yang membuat bromeliad cocok ditanaman di balkon, terlebih ukurannya juga tidak terlalu besar.

Untuk tanaman bunga, sejatinya hampir semua jenis bisa ditempatkan di balkon. Terpenting, perhatikan luas balkon! Ini untuk menghindari penggunaan tanaman yang memakan banyak tempat, sehingga fungsi balkon menjadi tidak maksimal atau terkesan penuh. Rawat dan pangkas tumbuhan secara rutin agar kerapian taman balkon tetap terjaga.

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait