Menjaga Kesuburan Tanaman dengan Bawang, Ampas Teh, dan Kulit Pisang

HOME.CO.ID | 17 Januari 2021 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak pandemi covid-19, tanaman hias menjadi tren baru. Agar tetap subur dan maksimal dalam menambah estetika rumah, tanaman hias pastinya harus rutin dirawat.

Perawatan tersebut bisa berupa penyiraman, pemberian pupuk, hingga menempatkannya pada area yang terkena sinar matahari pada jam-jam tertentu. 

Agar tanaman tetap hidup dan subur selama ditinggal, lakukanlah beberapa perawatan khusus seperti berikut ini.

Menambah nutrisi tanaman

Menambah nutrisi tanaman sebelum ditinggal mudik penting dilakukan. Ini agar tanaman memiliki cadangan nutrisi yang cukup selama tidak mendapat perawatan rutin. Penambahan nutrisi sendiri cukup mudah dilakukan, yakni dengan menaburkan kulit bawang pada tanah atau media tanam di dalam pot. 

Dari hasil penelitian, bawang memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan besi. Unsur-unsur tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Demikian pula dengan abu bekas bakaran. Elemen ini mengandung kalium, kalsium, magnesium, dan silika yang juga merupakan “makanan” untuk tanaman.

Menambah kesuburan tanah

Hal ini bisa dilakukan dengan menaburkan ampas teh pada tanaman. Caranya, rendamlah ampas teh ke dalam air, kemudian keesokan harinya siramkan pada tanaman. Cara ini efektif untuk menyuburkan tanaman hias di rumah. Di sisi lain, cara ini terbilang hemat dan efisien dalam perawatan tanaman.

Selain ampas teh, cara lain yang bisa dilakukan untuk menambah kesuburan tanah dan tanaman adalah dengan menggunakan kulit pisang. Ini bisa terjadi karena kulit pisang juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sebagaimana kita tahu, kalsium merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tanaman. Cara pemanfaatan kulit pisang ini adalah dengan menumbuknya hingga halus, kemudian larutkan ke dalam air dan siramkan pada tanaman.

 

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait