5 Tanaman Pengusir Serangga di Rumah

HOME.CO.ID | 16 November 2020 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak hanya dapat mempercantik tatanan halaman atau ruang pada rumah Anda, ternyata tanaman juga dapat membantu mengusir serangga. 

Berikut beberapa tanaman yang bisa mengusir serangga penggangu yang ada di rumah :

1. Tanaman mint untuk mengusir semut

Tanaman mint dapat bertahan dalam segala kondisi, tidak butuh banyak perawatan, dan dapat tumbuh dengan cepat. Mint juga dapat ditanam dalam pot-pot kecil di dapur rumah Anda. Khasiatnya, mint dapat mengusir semut, kecoak, kadal, ular, dan tawon. Tetapi hati-haiti, tanaman mint rentan terhadap tikus.

2. Catnip

Tanaman yang bunganya dikenal sebagai kumis kucing ini, ternyata cukup ampuh mengusir kecoa dari area dapur Anda. Kandungan nepetlactone pada Catnip juga ampuh untuk mengusir beberapa serangga seperti kumbang, nyamuk, dan kutu.

3.  Common Rue untuk kadal

Common rue merupakan tanaman hias berwarna biru-hijau dengan daun berbulu. Tanaman ini cocok untuk dijadikan tanaman hias. Walaupun cicak dan kadal dapat memakan nyamuk dan laba-laba, tetapi melihat kadal berkeliaran tentunya tak menyenangkan untuk Anda. Bau tak sedap dari Common Rue jugaakan menyingkirkan kadal dari rumah Anda.

4. Daun serai untuk nyamuk

Ada bermacam-macam tanaman yang bisa mengusir nyamuk, namun yang paling berkhasiat adalah daun serai. Serai adalah tumbuhan dengan daun yang memiliki bau khas. Biasanya ditanam di luar rumah. Serai biasanya juga digunakan untuk memasak pada negara-negara di kawasan Asia. Sementara di Eropa, serai sering diambil minyaknya untuk digunakan pada parfum.

5. Pennyroyal

Bunga ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, tetapi juga untuk membersihkan kebun dari kutu, ngengat dan srangga lainnya. Di Indonesia, tanaman ini tidak begitu umum. Namun jika Anda berniat menanamnya, Anda mungkin bisa memperoleh bibitnya di toko khusus tanaman atau membeli bibitnya secara online.

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait