Bahan Makanan Peningkat Produksi ASI (2 - selesai) 

Rizki Adis Abeba | 10 Desember 2018 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada banyak bahan makanan penambah produksi ASI yang bisa dikonsumsi sejak hamil. Menurut konsultan laktasi, pakar diet, sekaligus Direktur Laktasi dan Nutrisi di rumah sakit anak St. Jude, Tennessee, AS, Ginger Carney, ini bahan-bahan makanan yang dimaksud.

3.    Bayam

Para ibu yang kurang menyukai rasa dan tekstur daun katuk, silakan melirik bayam. Seperti oat, bayam kaya akan zat besi untuk mencegah anemia, yang memicu tersendatnya produksi ASI. Bayam juga mengandung kalsium dan asam folat yang sangat dibutuhkan selama hamil dan setelah bersalin. Imbangi konsumsi bayam dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi lainnya seperti daging merah, kacang-kacangan, atau buncis.

4.    Beras Cokelat

Dalam jurnal bertajuk “Meningkatkan Suplai ASI Dengan Bahan Herbal” yang dimuat dalam World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences yang dipublikasikan pada tahun 2015, beras cokelat disebut dapat meningkatkan produksi ASI. Beras cokelat mengandung stimulan bagi hormon yang meningkatkan produksi ASI. Ia juga sumber energi yang baik bagi ibu sehabis bersalin serta membantu meningkatkan nafsu makan. Dengan demikian, para ibu bisa mengonsumsi lebih banyak makanan untuk meningkatkan produksi ASI.

5.    Ikan Salem

Secara alami ASI sudah mengandung DHA, namun kadarnya akan lebih tinggi pada ibu yang gemar mengonsumsi ikan salem. Selain menjadi sumber pertumbuhan otak bayi, DHA ikan salem efektif menjaga suasana hati ibu yang secara tidak langsung memengaruhi produksi ASI. Ingat, produksi ASI sangat dipengaruhi suasana hati ibu, sedangkan ibu yang baru bersalin rentan terkena stres, sindrom baby blues, hingga depresi. Karenanya, ibu menyusui disarankan mengonsumsi ikan salem sebanyak 12 ons per minggu. 

selesai

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait