Ini Penyebab Orang Gampang Mengklaim Dirinya Alergi Makanan

Rizki Adis Abeba | 16 Januari 2019 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Alergi pada makanan bukan masalah kesehatan yang bisa diklaim sendiri, namun harus melalui pemeriksaan dokter. Lantas mengapa banyak orang yang mudah mengklaim dirinya mempunyai alergi?

Menurut Julie Upton, RD, salah satu pendiri situs kesehatan Appetite Health, hal ini bisa disebabkan banyak hal, namun umumnya orang hanya ingin menghindari makanan yang menurut mereka tidak sehat.

“Dalam kasus-kasus yang pernah saya hadapi, saya sering menemukan orang-orang yang melakukan diet supersehat yang mengklaim dirinya alergi terhadap gula (yang sangat jarang terjadi), susu dan produk turunannya, gandum, dan gluten,” ungkap Julie Upton.

“Dan di hampir semua kasus, sebenarnya mereka tidak benar-benar alergi atau bahkan sensitif terhadap makanan-makanan tersebut, tetapi mereka mengklaim alergi hanya untuk melakukan kontrol lebih ketat terhadap pemilihan jenis makanan yang mereka anggap lebih sehat,” beber Julie Upton.

Masalahnya, klaim sepihak ini ternyata bisa berdampak buruk bagi hubungan seseorang dengan makanan atau keinginan untuk mencicipi rasa makanan berbeda yang diidentifikasikan sebagai penyebab alergi.

Ini sebabnya klaim alergi terhadap makanan tertentu tidak boleh diputuskan oleh Anda sendiri. “Konsultasikan dengan dokter untuk melakukan tes dan memberikan diagnosa yang lebih mendalam sebelum Anda benar-benar menghapus jenis makanan tertentu dalam menu diet Anda,” pungkas Julie Upton.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait