Catat, Pria dan Wanita Memiliki Fokus Medical Check-up Yang Berbeda!

Wayan Diananto | 22 Februari 2019 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Medical check-up sering disepelekan padahal, efektif untuk mendeteksi keberadaan penyakit tidak menular di tubuh. Namun jangan asal melakukan medical check-up karena pria dan wanita memiliki fokus pemeriksaan yang berbeda. Hal itu terungkap dalam peluncuran layanan eksklusif dan gelar wicara layanan kesehatan AXA Mandiri di Jakarta, Kamis (21/2) kemarin. Salah satu narasumber, dr. Maria Dewi Indrawati, S.Ked, menjelaskan idealnya medical check-up dilakukan setahun sekali.

"Kalau tidak punya faktor risiko, cukup setahun sekali. Untuk laki-laki saya sarankan fokus ke kesehatan jantung dan prostat. Wanita fokus ke rahim dan payudara, ini terkait kanker. Untuk yang pernah mengalami strok ringan, lakukan konsultasi intens dengan dokter saraf. Lalu cek riwayat kesehatan pribadi maupun keluarga Anda," terang Maria kepada tabloidbintang.com.

Maria mencontohkan, ada dua pasien strok yang hendak menjalani medical check-up. Yang satu usianya 50 tahun ke atas, yang lain di bawah 40 tahun namun banyak anggota keluarganya kena diabetes. Keduanya memiliki detail kebutuhan medical check-up yang berbeda. Data penyakit epidemologi yang menyerang berdasarkan jenis kelamin, laki-laki memang rentan terhadap jantung dan prostat. Kalau perempuan kanker payudara dan rahim.

"Semua itu bisa dicek lewat screening. Memasuki usia 35 tahun, Anda sebaiknya medical check-up setahun sekali. Apa anak-anak perlu diperkenalkan medical check-up lebih awal? Enggak. Kecuali ia mewarisi penyakit jantung secara genetik misalnya, kardiomiopati, sebaiknya screening lebih awal. Namun kasus ini jarang terjadi," Maria menyambung.

Dalam kesempatan itu, Presiden Direktur AXA Mandiri, Handojo G. Kusuma memperkenalkan layanan eksklusif AXA Mandiri yang merupakan implementasi nilai Customer First. Layanan ini hadir untuk menjawab kebutuhan nasabah saat pemulihan kondisi kesehatan. Layanan ini hadir dengan alasan, asuransi kesehatan kini tidak hanya memberikan manfaat perlindungan kesehatan saat risiko kesehatan terjadi, tapi juga menyediakan manfaat tambahan.

"Melalui layanan eksklusif ini Anda akan mendapat kenyamanan lebih dan pendampingan secara khusus, sehingga dapat fokus pada pemulihan kesehatan. Ini dapat dinikmati di sejumlah rumah sakit ternama di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Tiongkok. Anda dapat menikmati layanan prioritas untuk registrasi serta check-out dari rumah sakit, VIP lounge, hingga penjemputan dari bandara ke rumah sakit serta sebaliknya," ungkap Handojo.

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait