Ternyata Tidur Siang Tak Boleh Sembarangan, Ini Cara yang Benar!

aura.co.id | 15 November 2020 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Siang hari adalah waktunya mengantuk maksimal. Setelah lelah beraktivitas, ditambah efek dari makan siang, badan terasa sangat lelah dan lemas. Rasanya seperti tak kuat melanjutkan aktivitas.

Jangan tergantung pada kebiasaan minum kopi untuk mengatasinya. Toh, enggak ada salahnya kalau kita beristirahat dengan tidur siang sejenak. Tidur siang terbukti dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi.

Sayangnya, beberapa orang sering merasa pusing ketika bangun dari tidur siang. Bukannya jadi segar, kita tambah malas dan lesu. Ternyata, tidur siang memang enggak bisa sembarangan dilakukan. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah saat tubuh benar-benar sedang dalam kondisi mengantuk dan butuh istirahat sejenak.

Sedangkan jam yang tepat untuk tidur siang menurut jam biologis manusia adalah sekitar pukul 14.00 sampai 16.00. Karena pada rentang waktu ini, temperatur tubuh menurun dan kita biasanya merasa lemas, kemampuan gerak melambat, dan merasa ngantuk.

Untuk mengembalikan kesegaran tubuh, kita hanya perlu tidur selama 20-30 menit. Hal ini sesuai dengan penelitian Dr. Charles Morin, profesor bidang psikologi di Laval University dan anggota riset mengenai masalah tidur di Kanada.

Waktu tersebut pas, cukup untuk membuat stamina kembali segar. Lebih dari waktu tersebut, malah akan menyebabkan inersia tidur atau rasa pening setelah terbangun dari tidur.

Jangan lupa kalau tidur siang berbeda dengan tidur malam, tidur siang hanya tambahan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Kegiatan ini juga tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari, kecuali jika kita benar-benar butuh istirahat, mengantuk dan kelelahan. Jadi, jangan asal tidur siang ya!

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait