Menjaga Bobot Tubuh Ideal Anak dengan Sarapan

Yuriantin | 21 Februari 2019 | 23:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Diperkirakan sekitar 10-30% anak di dunia, melewatkan sarapan. Padahal kebiasaan sarapan berpengaruh terhadap berat tubuh anak. 

dr. Raissa E. Djuanda, M. Gizi, Sp. GK mengungkapkan sarapan membantu menjaga indeks massa tubuh anak. "Berdasarkan banyak penelitian, berat badan anak yang terbiasa sarapan lebih ideal dibanding anak yang melewatkan sarapan," ucapnya dalam konferensi Pers Energen: Konsentrasi Ciptakan Mimpi dalam rangka penutupan Pekan Sarapan Nasional 2019, pada Kamis (21/2) di Jakarta. 

Di satu sisi, anak yang melewatkan sarapan berisiko mengalami malnutrisi. Sebabnya, kadar vitamin B, vitamin D, dan zat besi anak yang terbiasa sarapan jauh lebih tinggi dibanding yang tidak sarapan. "Risikonya, anak bisa mengalami kekurangan nutrisi dan memengaruhi tumbuh dan kembang mereka," Raissa memaparkan. 

Padahal, sejumlah zat tersebut punya beragam manfaat. Misalnya, zat besi yang membantu transportasi nutrisi dan oksigen di dalam tubuh. 

Di sisi lain, melewatkan sarapan juga berisiko membuat anak mengalami obesitas. Raissa menjelaskan anak akan cenderung makan apa saja ketika lapar, termasuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi. 

Untuk porsi sarapan, Raissa mengatakan anak boleh mengonsumsi karbohidrat di atas 50%. Karena kebutuhan gula anak lebih besar dibanding orang dewasa. 

Soal waktu sarapan, anjuran Raissa tak lebih dari pukul 9 pagi. "Karena kalau puasa (dari waktu makan malam hari sebelumnya hingga sarapan) terlalu panjang, energi yang dipakai sudah bukan glukosa. Namun tubuh memecah lemak. Kalau lemak habis, yang dipecah protein. Akibatnya, anak bisa mengalami malnutrisi," tandas Raissa.

(yuri)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait