6 Kiat Parenting Mendidik Anak Jadi Pekerja Keras ala Victoria Beckham (bag. 2)

Rizki Adis Abeba | 23 Juli 2019 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Victoria Beckham tidak hanya dikenal sebagai salah satu ikon musik pop dan fesyen dunia. Di luar kehidupan glamornya sebagai selebriti dan popularitasnya yang mendunia, ia juga dikenal sebagai wanita panutan dalam hal parenting atau pengasuhan anak. 

Victoria Beckham dinilai sebagai sosok wanita yang mampu menyeimbangkan kehidupan karier dengan statusnya sebagai ibu dari empat anak buah pernikahannya dengan pesepak bola David Beckham: Brooklyn, Cruz, Romeo, dan Harper. Anak-anak Victoria dan David Beckham tidak hanya dikenal sopan dan berkepedulian sosial tinggi, namun juga pekerja keras seperti orang tuanya. Apa saja kiat parenting dari seorang Victoria Beckham?

3. Mengajarkan Dengan Contoh

Sifat pekerja keras dan peduli sosial dari Victoria dan David Beckham tidak diragukan lagi dan hal itu menurun ke anak-anak mereka. Keempat anak Victoria dan David Beckham pernah menggalang aksi amal bersama-sama ketika David Beckham bermain di pertandingan amal untuk Manchester United Foundation pada Mei lalu.

Bagaimana cara mengajarkan anak etos kerja dan kepedulian sosial? Victoria Beckham mengatakan kuncinya adalah dengan memberikan contoh. “David dan saya mempunyai etos kerja yang kuat dan meyakini itu adalah contoh yang baik untuk anak-anak kami,” kata Victoria Beckham. “David dan saya menjelaskan kepada anak-anak kelebihan apa saja yang mereka miliki dalam hidup. Kami juga memberitahu mereka bahwa banyak anak di dunia yang kelaparan, tidak punya tempat tinggal, dan sakit. Mereka semua mengerti betapa pentingnya membantu sesama,” urai Victoria Beckham.

Yang menarik, Victoria Beckham mengajarkan putri bungsunya, Harper, untuk selalu bersikap baik kepada semua orang lewat nasihat yang sangat mengena. “Saya selalu mengatakan padanya, ‘Harper, yang terpenting bukanlah siapa yang paling cantik di kelas. Bukan pula siapa yang paling pintar di kelas. Tapi siapa yang paling baik dan pekerja keras di kelas’. Saya tidak suka jika dia terlalu fokus pada penampilannya,” ungkap Victoria Beckham.

4. Bersikap Tegas Namun Menyenangkan

Victoria Beckham pun tak memungkiri, orang tua tetap harus membuat aturan dan batasan yang harus dipatuhi anak-anaknya. Orang tua pun harus bisa bersikap tegas dan disegani anak-anaknya, namun di saat yang sama orang tua juga harus bisa memberikan kehangatan dan perasaan menyenangkan bagi anak. “Kami sangat tegas kepada anak-anak. Kita harus (tegas), tapi di saat yang sama kita juga harus tetap membiarkan mereka bersenang-senang dan mengekspresikan diri,” kata Victoria Beckham dalam wawancara dengan E News.

5. Pendidikan Itu Penting Namun Tidak Boleh Menekan

Victoria Beckham berbicara dalam sebuah wawancara dengan majalah Elle tentang betapa pentingnya pendidikan akademis. Namun, alih-alih memaksakan anak untuk mengejar nilai akademis, Victoria Beckham fokus pada memberdayakan anak-anak daripada menekan mereka agar anak-anak mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan. 

“Sangat sedikit anak yang ingin mengerjakan PR. Saya rasa penting bagi mereka untuk melakukan yang terbaik (untuk sekolah). Namun, terutama di London, banyak sekali tekanan yang diterima anak secara akademis, mereka masih harus les dan berjuang untuk sekolah. Tentu saja ada sisi buruknya, namun Anda bisa mengistirahatkan anak sejenak dari belajar. Saya tidak tahu apakah saya benar, tapi bagi saya ini tentang memberdayakan dan mendukung anak,” urai Victoria Beckham panjang lebar.

6. Arahkanlah Anak Pada Hal Yang Boleh Dilakukan, Bukan Yang Tidak Boleh Dilakukan

Masih dalam wawancara dengan majalah Elle, Victoria Beckham menjelaskan bahwa ketika Anda mengatakan “jangan” pada anak, maka itu akan memupuk sikap melawan pada diri anak. Berfokus pada kata “jangan” juga justru akan kontradiktif karena semakin membuat anak melakukan hal-hal yang Anda larang. Pilihlah diksi positif ketika berbicara pada anak. “Saya pikir ini tentang mendapatkan keseimbangan yang tepat, bukan melumpuhkan mereka dan berakhir dengan anak menjadi pembangkang,” alasan Victoria Beckham.

selesai

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait