Seseorang yang Pendendam Bisa Dilihat dari 4 Tanda Ini, Anda Termasuk?

Redaksi | 27 Januari 2020 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sifat pendendam tentunya bukanlah sifat yang baik.  Seseorang yang pendendam tentunya dijauhi oleh banyak orang karena sifat pendendam sangatlah menakutkan. Jadi daripada tidak punya teman, segeralah ubah diri Anda agar menjadi seseorang yang bisa lebih ikhlas dan sabar agar bisa terjauh dari sifat buruk ini.

Penasaran apakah Anda termasuk orang yang pendendam atau tidak? Coba deh lihat 4 tanda seseorang yang mudah jadi pendendam di bawah ini.

Perasaan susah tenang karena menginginkan orang lain merasakan derita yang Anda rasakan

Salah satu tanda orang yang pendendam adalah susah merasa tenang sebelum orang lain tahu seperti apa derita yang dirasakan. Anda akan selalu kepikiran dengan derita yang Anda alami dan ingin membuat orang lain merasakannya.

Perasaan tak tenang dan jengkel itu pun biasanya akan membuat Anda semakin memiliki dendam yang besar kepada orang lain.

Cara-cara licik tak segan dilakukan demi membalaskan dendam

Saat isi kepala hanya ada kata balas dendam maka biasanya Anda pun akan memakai segala cara apa pun untuk membalas dendam kepada orang yang telah menyakiti Anda.

Meskipun harus menggunakan cara yang licik dan kotor, Anda pun akan dengan senang hati melakukannya. Hal itu pun dengan sadar Anda lakukan karena yang Anda inginkan hanyalah balas dendam saja.

Sangat ingin melihat orang yang telah menyakiti Anda lebih menderita

Tanda lain yang bisa menunjukkan jika Anda adalah seseorang yang pendendam ialah saat memiliki keinginan besar untuk melihat orang yang menyakiti Anda ikut menderita. Bahkan, Anda akan meluangkan waktu untuk memikirkan cara untuk balas dendam dan membuat orang itu lebih menderita. Penderitaan orang itu pun menjadi hal yang paling Anda prioritaskan.

Meskipun orang yang menyakiti sudah minta maaf, tapi Anda tetap tak bisa merasakan damai di hati

Saat orang yang menyakiti kita telah meminta maaf dan mengakui jika perbuatannya salah, seharusnya kita dengan lapang dada bisa memaafkannya. Namun, jika Anda tetap tak bisa memaafkannya dan hati Anda masih belum merasa damai dan tetap ingin melihatnya menderita maka bisa disebut jika Anda termasuk orang yang pendendam, lo.

Memaafkan seseorang dan berusaha ikhlas menerima permintaan maafnya memang tak mudah dilakukan. Namun dengan berbekal niat yang tulus pastinya Anda bisa memaafkan segala kesalahannya kok.

Dendam adalah salah satu penyakit hati yang hanya bisa membuat kita lebih menderita. Jadi jika 4 tanda seperti di atas Anda rasakan, segeralah ubah diri Anda jadi pribadi yang lebih baik dan hindari jauh-jauh sifat pendendam ya!

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait