Asupan Terbaik untuk Penderita Infeksi Salurah Kemih Kambuhan

Alam Mary | 1 Mei 2024 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Infeksi Saluran Kemih (ISK) termasuk penyakit yang umum dan bisa menimpa siapa saja. Termasuk yang bisa sembuh sendiri, namun penyakit yang disebabkan bakteri dalam kandung kemih ini dapat berubah menjadi penyakit kambuhan jika tidak diobati dengan tepat.

Tentu ini sangat membuat penderitanya tersiksa. Mengingat ISK menimbulkan gejala sakit tidak tertahankan yang dapat mengganggu aktivitas keseharian.

Gaya hidup yang sehat dapat membantu menjaga agar ISK tidak datang lagi. Selain berolahraga, asupan yang dikonsumsi pun harus lebih diperhatikan. Beberapa jenis makanan dan minuman dapat membantu mengatasi bakteri dan infeksi yang ditimbulkan. Berikut ini daftarnya seperti dilansir dari Wion.

1. Air putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi penting bagi penderita ISK. Minum cukup banyak air putih juga membantu melancarkan buang air kecil sekaligus mendorong bakteri keluar dari saluran kemih. Air putih juga dapat mengurangi gejala nyeri yang menyertai.

2. Jus cranberry

Jus cranberry mengandung proanthocyanidhis yang dapat mencegah bakteri menembus dinding salurah kemih sehingga risiko infeksi yang lebih parah dapat dicegah.

3. Makanan probiotik

Yoghurt dan sayuran yang difermentasi dapat menjadi camilan menyehatkan bagi para penderita ISK. Selain menyehatkan saluran pencernaan, pertumbuhan bakteri jahat penyebab ISK juga dapat ditekan. 

4. Bluberi

Bluberi memiliki khasiat seperti cranberry. Yaitu dapat mencegah bakteri menembus dinding saluran kemih yang dapat meningkatkan risiko infeksi lebih parah. Makan bluberi segar atau beku sama baiknya. Tambahkan dalam menu makan harian agar mencegah ISK datang kembali.

5. Nanas 

Nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi sebagai anti-peradangan. Mengonsumsi nanas potongan atau yang sudah dibuat jus dapat mengurangi gejala nyeri yang disebabkan proses peradangan. 

6. Teh herbal

Teh chamomile atau teh hijau yang dicampur peterseli atau bunga dandelion dapat berfungsi sebagai diuretik. Yaitu obat yang membantu ginjal melepaskan lebih banyak garam dan air dari pembuluh darah ke dalam urin. Semakin banyak dan lancar cairan urin terbuang, semakin menurun jumlah bakteri dalam saluran kemih yang menyebabkan sakit.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait