Kronologis 3 Anak di Bogor Kena Granat TNI

TEMPO | 15 Februari 2019 | 08:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tiga bocah di Desa Ciaruteun, Kecamatan Cibungbulang, Bogor, menjadi korban ledakan granat TNI ketika sedang bermain. Satu dari ketiganya meninggal dunia akibat luka parah di bagian kepala.

Salah seorang warga, Sarbini (52), mengatakan, kejadiannya sekitar pukul 12.00. Tiba-tiba, ia mendengar suara ledakan dari arah lapangan tembak milik TNI yang berlokasi di gunung kapur, Kampung Padati Mondok. “Saya kira suara TNI latihan, karena kan biasa, ternyata kata warga ada kejadian,” kata Sarbini kepada Tempo, pada Kamis, 14 Februari 2019.

Sarbini mengatakan, setelah mendapat informasi tersebut ia kemudian menuju lapangan tembak yang berjarak kurang lebih 1 kilometer. “Pas sampai, disana sudah ramai orang dan tiga anak sudah terkapar,” kata Sarbini.

Ketiga korban atas nama Muhammad Ibnu Mubarok (10), Muhammad Doni Fauzan (14) dan Fahrul Islami (10) sudah tidak berdaya dan dibawa ke RSUD Leuwiliang.

“Ibnu Mubarok meninggal karena luka parah di bagian kepala,” kata Sarbini. Sementara, Doni dan Fahrul masih kritis akibat luka-luka.

Kapolsek Cibungbulang, Komisaris Agus membenarkan kejadian tersebut. Kronologinya saat ketiganya sedang bermain di gunung kapur dan menemukan granat aktif milik TNI. “Karena ketidaktahuan mereka memainkan granat itu dengan cara dipukul pukul,” kata Agus ditemui Tempo di lokasi.

Kepala Penerangan Korem 061/Surya Kencana, Mayor Infantri Ermansyah mengkonfirmasi granat tersebut milik TNI. “Menurut informasi sementara di lapangan, itu merupakan sejenis granat GLM,” kata Ermansyah melalui keterangan pers yang diterima Tempo, Kamis 14 Februari 2019.

Ermansyah mengatakan, kronologis kejadian bermula saat ketiga anak ini sedang bermain ke daerah lapangan tembak milik TNI, dan saat melintasi gunung kapur yang persis berada di atas lapangan tembak tersebut ketiga anak ini menemukan granat GLM yang masih aktif.

Lebih jauh Ermanmsyah mengatakan, belum bisa memastikan asal usul granat tersebut. TNI, kata dia, sedang melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait