Anies Baswedan Minta Peserta Pemilu Copot Atribut Kampanye di Masa Tenang

TEMPO | 14 April 2019 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memasuki masa tenang Pemilu 2019 pada dini hari tadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan di sejumlah jalan utama Ibu Kota sudah bersih dari alat peraga kampanye (APK). Anies juga meminta peserta pemilu, baik partai maupun calon presiden, terlibat dalam penertiban tersebut.

"Saya berharap peserta Pemilu bertanggung jawab membersihkan alat peraga kampanye yang mereka pasang," ujarnya sesuai Apel Siaga Pemilu 2019 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada Ahad, 14 April 2019.

Dalam penertiban atribut kampanye, Anies mengatakan, DKI mengerahkan Satpol PP hingga Dinas Lingkungan Hidup. Sejak pukul 00.00 WIB tadi Satpol PP mulai menurunkan alat peraga kampanye hingga akhir masa tenang pada 16 April mendatang, sehari sebelum pencoblosan Pemilu 2019.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan masa kampanye Pemilu 2019 telah habis pada 13 April 2019. "Kami harapkan pada 17 April seluruh alat peraga kampanye sudah bersih," katanya di Bundaran Hotel Indonesia dini hari tadi.

Penurunan APK dalam masa tenang, menurut Arifin,  dilakukan serentak di seluruh wilayah Ibu Kota. Satpol PP dibantu oleh Bawaslu DKI, KPU DKI, beberapa SKPD DKI hingga TNI dan Polri dalam penurunan APK. Sebelum memulai operasi, sekitar 400 personel gabungan itu menggelar apel di halaman Balai Kota DKI Jakarta.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait