Penjelasan Persatuan Pabrik Monosodium Glutamate dan Glutamic Acid Indonenesia

Redaksi | 28 Februari 2020 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menanggapi berita/informasi di Tabloidbintang.com dengan judul Hati-hati, 3 Bagian Tubuh ini Kerap Jadi Tempat Timbunan Lemak. Dalam Artikel tersebut tertulis: Sementara lemak di lengan, akibat terlalu mengonsumsi makanan asin gurih atau dalam bahasa sehari-hari, micin.

Menurut kami, tulisan tentang MSG (Monosodium Glutamat) sebagai bahan tambahan pangan yang tidak sehat adalah tidak benar. Karena berdasarkan fakta-fakta ilmiah dan regulasi terkait keamanan pangan, MSG dimasukkan sebagai Bahan Tambahan Pangan yang Aman di konsumsi dengan pemakaian secukupnya dan tidak menyebabkan dampak buruk/berbahaya lainnya bagi kesehatan manusia. MSG sebagai Bahan Tambahan Pangan juga sudah mendapat izin edar dari BPOM.

Selanjutnya kami sampaikan fakta-fakta lain tentang MSG sebagai berikut:
1. Bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa (MSG) adalah terbuat dari tetes tebu bukan zat kimia (sintetik) atau zat aditif dan MSG dibuat melalui proses fermentasi.
2. Kandungan zat dalam Bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa (MSG) ada 3 yaitu: Asam Glutamat 78%, Natrium 12% dan Air 10% sebagai zat utama adalah Asam
Glutamat yang merupakan Asam Amino yang tidak berbeda dengan Asam Glutamat yang terkandung dalam makanan sehari-hari seperti: Tomat, Susu, Keju dsb.
3. Bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa (MSG) mudah larut dan dapat di metabolisme dengan baik dalam tubuh.
4. Bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa (MSG) sudah diakui keamanannya oleh beberapa badan dunia yang berkompeten dalam bidang makanan seperti: JECFA
(Terdiri dari FAO dan WHO), FDA dan juga oleh Kementerian Kesehatan serta Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia.
5. Bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa (MSG) adalah salah satu Bahan Tambahan Pangan Penguat Rasa yang paling aman dan diizinkan untuk dikonsumsi
berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 033 tahun 2012 dengan takaran penggunaan Secukupnya.
6. Berdasarkan penjelasan pada angka 1 s/d 5 di atas,maka dapat disimpulkan bahwa Bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa(MSG) adalah Aman dikonsumsi.

Demikian hal ini kami Sampaikan sebagai Hak Jawab kami, untuk informasi selanjutnya dapat dilihat melalui www.glutamate.org.

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait