Ramadhan di Tengah Pandemi Corona, Jarwo Kwat : Mungkin Peringatan dari Allah

RIK | 4 Mei 2020 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bagi komedian senior Jarwo Kwat Ramadhan tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya. Terjadi di tengah pandemi wabah Corona dengan segala peraturan yang membatasi aktivitas masyarakat, Jarwo Kwat mengaku hanya bisa pasrah.

Jarwo Kwat lebih banyak beribadah di dalam rumah. Hal itu tentunya berbeda dari suasana Ramadhan dalam beberapa tahun terakhir di mana ia kerap menjalani ibadah dengan bebas.

"Ramadhan tahun ini jelas ada perbedaan yang signifikan ya daripada tahun-tahun sebelumnya, di antaranya kita puasa di rumah aja lebih sering. Terus salat Jumat juga di rumah aja, kemudian tarawih juga di rumah aja. Kegiatan kita juga lebih banyak di rumah. Jadi kita nggak bisa seperti tahun sebelumnya yang kita bebas keluar kemana aja," ungkap Jarwo Kwat di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Meski berbeda, nyatanya hal tersebut tak menjadi kendala bagi Jarwo Kwat. Sebisa mungkin, ia tetap menjalani kewajibannya sebagai muslim dengan taat beribadah sepanjang Ramadhan.

Ia pun menganggap, wabah Covid-19 yang kini menjadi masalah dunia adalah sebuah teguran dari Allah SWT pada umatnya. Ia berharap, setelah pandemi ini selesai, masyarakat bisa lebih baik lagi terhadap sesama dan perilakunya pada semesta.

"Kita intropeksi diri, dengan adanya virus Corona ini mungkin peringatan dari Allah bahwa manusia harus bisa bertindak lebih baik lagi dan tidak merusak lingkungan, dan lebih care terhadap saudara dan sesama. Kan setalah ada Corona ini jiwa kemanusiaan pada muncul, persatuan juga muncul, yaa inshAllah kita lebih baik lagi," pungkas Jarwo Kwat. 

(rik)
 

Penulis : RIK
Editor: RIK
Berita Terkait