Youngky Soewarno Meninggal, Dewa Budjana Ungkap Almarhum Sempat Keluhkan Asam Urat

Supriyanto | 11 Februari 2022 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Musisi dan komposer Younky Soewarno meninggal dunia pada Kamis (10/2) pukul 23.40 WIB. Jenazah disemayamkan di rumah duka, kawasan Jelambar, Jakarta Barat. Rencananya musisi berusia 65 tahun itu akan dimakamkan pada Minggu (13/2) lusa.

Kabar meninggalnya Yongky Soewarno dibenarkan oleh sahabatnya, Dewa Budjana. Gitaris grup band Gigi itu pun mengaku syok dan merasa kehilangan sosok musisi yang baik hati.

"Saya kaget, nggak nyangka banget. Dia cuma cerita soal asam urat. Hampir tiap minggu kita tuh berkabar, ketemu ngobrol. Yah saya merasa kehilangan," ungkap Dewa Budjana kepada wartawan lewat telepon, Jumat (11/2).

Dewa Budjana menceritakan menerima kabar duka pada Jumat tadi pagi saat menyalakan telepon selulernya.

"Saya dapat kabar dari anaknya, baru tahunya tadi pagi pas nyalahin HP. Mungki dikasih tahu dari semalam," ungkap Dewa Budjana 

Padahal diungkap Dewa Budjana, di pertemuan terakhir sekira tiga minggu lalu, ia tudak melihat ada tanda-tanda Youngky menderita sakit serius. Kala itu dikatajan Budjana, Yongky Soewarno hanya terlihat lemas dan mengeluhkan soal sakit asam urat yang dideritanya.

"Kalau meninggal karena apa saya kurang tahu, karena saya belum nanya ke keluarganya. Tapi memang terakhir tuh tiga minggu lalu saya rekaman bareng, itu memang dia keliatan lemes. Dia banyak ke tempat outdoor buat berjemur. Saya tanya ko lemesan, 'Iya nih aku asam uratku naik'. Itu aja dia bilangnya. Kalau penyakit lainnya saya nggak tau ya," beber Dewa Budjana.

"Saya kenal sudah lama banget dari tahun 90an. Tapi baru kali ini saya kerja bareng sama dia. Setahun belakangan ini kita ada proyek bareng. Untuk lagu gereja," pungkas Dewa Budjana.

Younky Soewarno adalah seorang musisi dan komponis. Karya Younky banyak dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi terenal, di antaranya Ita Purnamasari, Nicky Astria, Nia Paramita, Paramitha Rusady, Novia Kolopaking, Achmad Albar hingga Trio Libels.

Selain itu, bersama Chris Pattikawa, mereka mengarahkan Krisdayanti mengikuti acara Asia Bagus dan menjuarai grand final festival Asia Bagus di Jepang pada tahun 1992. 

Yongky Suwarno juga menggiring Rossa ke dapur rekaman lagi ketika beranjak remaja. Yongky memberikan lagu “Nada-Nada Cinta” yang membuat masyarakat menoleh ke Rossa. Sampai sekarang pun ia masih diingat oleh masyarakat. 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait