Mengenang Rina Gunawan: Dari Ekspresi, AMKM, Hingga Campur-Campur

Redaksi | 2 Maret 2021 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rina Gunawan meninggal dunia. Selama hidupnya, Rina Gunawan pernah berkiprah di berbagai ranah di dunia hiburan. Ia pernah menjadi penyanyi, pemain sinetron, dan juga presenter. Belakangan, ia dikenal sebagai pemilik wedding organizer yang menangani pernikahan banyak selebriti. 

Karier Rina Gunawan di dunia hiburan dimulai sejak usia dini. Pada usia 10 tahun, Rina yang saat itu berdomisili di Bandung sudah menelurkan satu album anak-anak berjudul Ada Saja. Meski tidak meledak, dengan album itu Rina makin matap mewujudkan cita-cita masa kecilnya menjadi bintang film dan peragawati.

Kepindahannya ke Jakarta, saat usia 12 tahun, membuka pintu bagi perkembangan kariernya di kemudian hari. Di Jakarta Rina bergabung dengan kelompok Geronimo pimpinan Anton Isudibyo, dan mengasah kemampuan menari di kelompok Swara Mahardika pimpinan Guruh Sukarno Putra. Tak lama hasil kerja kerasnya membuahkan hasil. Tahun 1986, Rina merilis album keduanya bersama Kelompok Suara Persaudaraan, disusul dengan album berbahasa Sunda, Sabodo, pada tahun 1991. "Banyak hal yang saya dapatkan dari menari dan menyanyi. Saya bisa pergi ke luar negeri dengan menari dan bisa membiayai sekolah dengan keringat sendiri. Bangga lho," katanya dalam wawancara dengan Tabloid Bintang Indonesia pada 2002 lalu. 

Peruntungan Rina di dunia hiburan mulai berubah ketika Indosiar mempercayainya untuk membawakan acara remaja, Ekspresi, bersama Moza Pramita dan Hendri Hendrato. Penampilan sebagai pembawa acara Ekspresi membuka jalan baginya untuk dipercaya membawakan acara-acara lain, seperti Zimfoni dan AMKM (TPI - sekarang MNCTV) yang makin mengatrol namanya. "Setiap pergi ke luar kota, semua orang sepertinya mengenal dan di depan saya mereka langsung memperagakan salam khas Ekspresi. Senang banget deh rasanya," cetusnya.

Kala itu, di tengah kesibukan meniti karier, Rina masih tetap berusaha keras menyelesaikan kuliahnya di Universitas Pancasila. "Saya berusaha sebisa mungkin menyelesaikan kuliah. Pendidikan formal tetap penting. Saya merasa ada kebanggan tersendiri jika bisa mempersembahkan title yang didapat dari bangku kuliah pada orangtua," ujar anak pasangan Hibar Gunawan-Tience Gantirah.

Lepas dari Ekspresi, Rina memandu AMKM yang disiarkan secara langsung oleh TPI. Di sini ia belajar mengendalikan suasana. "Tantangan paling berat yang dihadapi seorang pembawa acara, ketika harus membawakan acara secara langsung. Lewat AMKM saya berlatih mengantisipasi segala kemungkinan. Termasuk jika bintang tamu berhalangan hadir. Dengan bekal pengalaman selama kurang lebih 4 tahun membawakan AMKM, saya jadi lebih percaya diri ketika dipercaya membawakan Campur-Campur," paparnya.

Belakangan, setelah mempunyai anak dengan Teddy Syach, Rina Gunawan mulai mengurangi pekerjaannya di dunia hiburan dan fokus pada bisnis event dan wedding organizer. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait