Cerita Ramon Y Tungka Belajar Bikin Martabak Bangka demi Sebuah Peran

Altov Johar | 28 April 2019 | 04:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ramon Y Tungka kembali menunjukkan aktingnya di film drama berjudul Martabak Bangka. Di film produksi PT Bersahaja ini, Ramon memerankan karakter Jaya, pria yang mewarisi resep membuat martabak khas pulau Bangka.

Demi memuluskan perannya, Ramon terbang langsung ke Bangka, untuk belajar cara membuat martabak khas daerah itu. Bahkan di pernah mempraktikkan pelajaran yang didapat dengan membuatkan martabak untuk para kru.

"Saya ke sana sebelum syuting saya belajar gimana cara buatnya, sesederhana mungkin dan di sana banyak yang jual. Saya belajar style pembuatannya gimana sampai akhirnya saya buat sendiri untuk teman-teman kru 50 orang," tutur Ramon Y Tungka di XXI Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Jumat (26/4).

"Pertama dibilang enggak enak sampai dibuang. Hari kedua saya bikin sudah mulai enak, hari ketiga enggak enak lagi. Sampai akhirnya berhasil setiap sore saya bikin jajanan buat teman-teman kru," lanjut Ramon.

Menurut Ramon, riset yang dilakukan memang sejauh ini demi peran yang dilakoninya. Selama sepekan ia mempelajari cara membuat martabak khas bangka, hingga hasilnya diakui mempunyai cita rasa yang lezat.

"Memang sejauh itu (risetnya). Tadi kan ada harus nempelin tangan di sini (wajan), cuma ingin tahu seberapa panas dengan melempar gula doang. Mengikuti caranya orang Bangka bagaimana buat martabak dengan style mereka. Proses belajarnya satu minggu, nyoba sampai berhasil dibilang enak itu 10 hari," kata Ramon.

Diakui Ramon, membuat martabak ternyata tidak semudah seperti yang kita lihat. Dalam mempelajarinya, Ramon didampingi oleh penjual martabak di Bangka tentang cara-cara meracik dan gaya pembuatan martabak khas Bangka.

"Susah lah, gue pikir gampang. Maksudnya kalau melihatnya sih gampang, cuma ketika dilakukan susah. Jadi ada salah satu tukang martabak enak lah di pinggir jalan, setiap malam saya nongkrong sama orang ini. Diajarin caranya, tahu kadar panasnya di tangan itu seperti apa," pungkas Ramon.

Meski berjudul Martabak Bangka, film arahan sutradara Eman Pradipta ini mengedepankan kultur budaya dan toleransi beragama yang kuat, khususnya di Bangka Belitung. Hal itu terlihat dari pengambilan gambar di lokasi-lokasi wisata yang indah dari provinsi tersebut.

Selain Ramon Y Tungka, film Martabak Bangka turut dibintangi oleh Ario Astungkoro, dan pemain lokal di Bangka. Menariknya, Gubernur Bangka beserta istri turut bermain di dalamnya. Film berdurasi 115 menit ini dijadwalkan tayang di bioskop pada Mei 2019.

(tov/bin)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait