Anggy Umbara Bangga Film Indonesia Bisa Bersaing di Festival Internasional

Romauli Gultom | 4 Agustus 2019 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kreativitas dan kualitas sebuah film lokal perlu diperhatikan sehingga bisa memiliki kriteria yang baik dan mampu untuk bersaing di festival film Internasional.

Hal itulah yang diungkapkan sutradara Anggy Umbara ditemui di sela nonton bareng film “The Idealist” sekaligus peluncuran channel terbaru CinemaWorld bersama First Media di Jakarta, belum lama ini.

Sutradara film Warkop DKI Reborn dan Comic 8 ini mengajak insan film agar lebih kreatif untuk menciptakan karya agar kualitas film Indonesia semakin disukai dan mampu bersaing di kancah internasional.

“Sebenarnya film Indonesia sudah memiliki standar untuk bisa dipentaskan di festival film internasional. Yang perlu diperhatikan dalam membuat film berkualitas adalah estetika, logika, dan jalan ceritanya. Ceritanya harus mengangkat kedalaman isu yang kuat. Eksekusinya harus menarik,” ungkapnya.

Anggy menjelaskan,dirinya dan para sineas lainnya sampai saat ini masih terus berkutat membuat film berkualitas yang bisa diakui oleh dunia. Adanya kekurangan dari elemen yang disebutkan di atas menjadi salah satu kendala sulitnya film Indonesia bersaing di level internasional.

“Banyak film-film Indonesia yang diproduksi tapi nggak tayang di bioskop. Jadi tayangnya hanya di festival-festival,” kata Anggy yang sedang mempersiapkan film terbarunya untuk tayang di tahun 2020 mendatang. 

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait